Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Sempat Bantu Penyebaran Hoaks Penembakan Las Vegas

Kompas.com - 03/10/2017, 19:25 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

KOMPAS.com - Google sempat membantu penyebaran berita palsu atau hoaks penembakan di Las Vegas pada Minggu (1/10/2017) malam waktu setempat. Kala itu, pengguna situs berbagi foto 4chan mengunggah informasi yang menyebutkan bahwa pelaku penembakan adalah pria bernama Geary Danley.

Google pun menaruh postingan tersebut pada hasil pencarian teratas ketika netizen mengetik "Geary Danley" di kolom pencari. Padahal, pada Senin (2/10/2017) waktu setempat, polisi mengidentifikasi dan mengumumkan bahwa oknum yang bertanggung jawab adalah Stephen Paddock, bukan Geary Danley.

Hingga Senin pagi Google masih memberikan informasi salah ketika netizen mengetik nama “Geary Danley” di kolom pencari. Tim Google News pun mengakui kekeliruan informasi tersebut. 

“Ketika postingan baru dari 4chan muncul, itu memicu Top Stories, sayangnya ini malah mengarah ke informasi yang tak akurat,” kata perwakilan Google News dalam keterangan resminya.

Baca: Netizen Desak Penembakan Las Vegas Disebut sebagai Aksi Terorisme

“Kami menggunakan banyak indikator untuk menentukan peringkat hasil pencarian - antara lain otoritas yang dimiliki situs tertentu dan seberapa aktual informasi tersebut,” tim Google News menambahkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (3/10/2017) dari ArsTechnica.

4chan sendiri sejatinya tak memiliki otoritas atau kredibilitas atas informasi yang akurat. Pasalnya 4chan bukan situs berita, melainkan situs berbagi foto di mana pengguna bisa saling mengunggah konten visual milik mereka tanpa ada proses verifikasi.

Terlepas dari kekeliruan Google, raksasa mesin pencari itu meminta maaf dan berjanji akan memperbaiki sistemnya agar tak terjadi hal seperti ini di masa depan.

“Kami bekerja keras memperbaiki celah sistem yang menyebabkan masalah ini terjadi,” begitu janjinya. Saat ini, postingan hoaks dari 4chan tak lagi tertera pada hasil pencarian teratas di mesin pencari Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com