Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koneksi Lemot, Google Photos Tetap Bisa Unggah Video

Kompas.com - 04/10/2017, 06:08 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Fitur baru yang dirilis Google untuk aplikasi Photos ini agaknya akan membuat banyak pengguna merasa gembira. Pasalnya, fitur tersebut berfungsi sebagai solusi agar pengguna tetap bisa mengunggah video saat koneksi internet lemot atau lambat.

Seperti diketahui, layanan cloud, seperti Google Photos, memang praktis digunakan untuk menyimpan berbagai video. Sayangnya, layanan macam ini seringkali kurang andal saat koneksi internet lelet.

Cara kerja dari fitur tersebut adalah dengan menerapkan sistem unggah dua kali pada video tersebut. Pada unggahan pertama, Google Photos akan mengompres dan mengecilkan resolusi video sehingga bisa diunggah menggunakan internet yang lelet.

Berikutnya, saat pengguna sudah menemukan koneksi WiFi, Google Photos akan otomatis mengunggah versi resolusi tinggi dan menukarnya dengan video pertama.

Baca: Google Photos Bisa Perbaiki Video Goyang

Solusi tersebut bekerja secara otomatis, sehingga bisa muncul begitu saja saat layanan mendeteksi kondisi koneksi sedang lambat.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Engadget, Selasa (3/10/2017), Google sebenarnya pernah merilis fitur serupa. Tapi fitur kala itu hanya digunakan untuk foto, belum bisa digunakan untuk video.

Sayangnya Google tidak menjelaskan dengan rinci seberapa rendah resolusi video yang diunggah dalam kondisi internet lelet. Walau demikian, keberadaan fitur tersebut terhitung berguna, terutama bagi pengguna yang sering merekam video.

Pengguna sekarang sudah bisa menjajal pembaruan tersebut dengan cara memperbarui aplikasi Google Photos di Android ke versi 3.6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com