YouTuber Casey Neistat Mengaku Ditonton Selama 150 Tahun oleh Orang Indonesia

Kompas.com - 04/10/2017, 13:15 WIB
Casey Neistat Dok. Casey NeistatCasey Neistat
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Casey Neistat, sang YouTuber kondang asal New York, Amerika Serikat, akan bertandang ke Indonesia untuk berbicara dalam festival kreatif tahunan Ideafest di Jakarta, Jumat 6 Oktober. (Baca: Awal Oktober, YouTuber Kondang Casey Neistat Sambangi Indonesia)

Kendati hanya tahu sedikit soal Indonesia, Neistat mengaku videonya banyak ditonton oleh pemirsa YouTube di Tanah Air. Dalam 20 hari terakhir saja, kata dia, sudah ada 2 juta menit waktu menonton (watch time) yang berasal dari wilayah Indonesia.

"Kalau secara kumulatif, angka watch time dari Indonesia mencapai 80 juta menit," ujar Neistat saat berbincang dengan KompasTekno via sambungan telepon dari New York, AS ke Jakarta, Selasa (3/10/2017) malam.

Neistat bersedia diwawancarai sebelum bertolak ke Jakarta. Dia memberitahukan watch time setelah lebih dulu melihat tool analytics YouTube di akun miliknya yang hampir 8 juta pelanggan (subscriber).

"Jadi kalau ditotal, watch time dari Indonesia itu sudah setara 150 tahun dan 151 hari," lanjut Neistat setelah mengkonversi jumlah puluhan juta menit tadi.

Angka tersebut tak mengherankan mengingat Neistat adalah salah satu sosok yang paling dikenal di jagat YouTube.

Sejak pertama bergabung dengan platform video sharing tersebut pada 2010, pria kelahiran Connecticut yang gemar membuat film itu sudah meraup lebih dari 1,8 miliar view lewat ratusan video di kanal YouTube miliknya.

Perlu ditambahkan bahwa jumlah di atas hanya watch time video Neistat yang disumbang dari Indonesia saja, belum termasuk wilayah lain.

Tak ambil pusing

Soal "watch time" yang disebut oleh Neistat, laman penjelasan YouTube menerangkan bahwa statistik yang mulai ditambahkan pada  2012 di tool Analytics Creator Studio itu adalah keseluruhan waktu (dalam hitungan menit) yang dihabiskan pemirsa untuk menonton video sebuah kanal secara agregat.

Ketimbang hanya jumlah penayangan (view), YouTube menilai watch time lebih akurat dalam menilai engagement dan ketertarikan pemirsa terhadap konten sebuah video. Watch times adalah hasil perkalian dua statistik kunci lainya, yakni jumlah tayangan (view) dan durasi menonton rata-rata (average view duration).

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X