Kompas.com - 04/10/2017, 16:22 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - YouTuber kondang Casey Neistat dijadwalkan mengunjungi Indonesia pekan ini. Pria 36 tahun kelahiran Connecticut, Amerika Serikat, yang kini tinggal di New York itu akan menjadi salah satu pembicara utama di festival kreatif tahunan Ideafest di Jakarta.

Sebelumnya, Neistat pernah bertandang ke negara-negara tetangga di wilayah Asia Tenggara, termasuk Filipina, Singapura, dan Malaysia. Penampilannya di Ideafest sekaligus bakal menjadi debut Neistat di Indonesia.

Dia berbagi sedikit kisi-kisi tentang apa yang akan dibicarakan di panggung Ideafest nanti dalam sebuah wawancara eksklusif dengan KompasTekno sebelum bertolak ke Indonesia, Selasa (3/10/2017).

"Saya akan fokus membicarakan peluang (untuk menjadi kreator), bukan hanya di YouTube, namun juga media sosial secara umum, bagi orang-orang di seluruh dunia," ujar Neistat.

Menurut dia, media sosial selama ini berperan besar dalam mendemokratisasi konten yang dikonsumsi masyarakat.

Siapapun kini tampil di hadapan publik dengan karya kreatif dengan akun media sosial masing-masing, tak mesti lewat media tradisional. Barrier to entry alias penghalang bagi individu untuk masuk ke bidang usaha ini telah runtuh.

Contoh nyatanya adalah Neistat sendiri yang kini telah menjadi salah satu sosok terpopuler di YouTube dengan jumlah pelanggan (subscriber) hampir 8 juta di kanalnya.

Dari Indonesia saja, jumlah watch time alias waktu menonton yang telah diakumulasi oleh video-video Neistat mencapai 80 juta menit atau setara dengan 150 tahun dan 151 hari.

"Peluangnya sama untuk semua orang, baik di Indonesia, Amerika Serikat maupun Eropa. Karena itu saya ingin fokus pada aspek ini, yakni makna menjadi seorang kreator sekaligus berbagi cerita saya tentang bagaimana memanfaatkan peluang tersebut," imbuh Neistat.

Bagaimana dengan kunjungannya di Indonesia? Neistat mengaku belum punya rencana selain berbicara di panggung Ideafest, Jumat mendatang.

"Waktu saya mungkin hanya sebentar, tapi tentu saja saya ingin merekam video di sana. Saya sangat menunggu kedatangan ke Indonesia."

Neistat dijadwalkan berbicara selama lebih kurang 45 menit dalam sesi berjudul "Do What You Can't", di Ideafest, Jakarta, mulai pukul 16.30 tanggal 6 Oktober 2017. Untuk informasi dan jadwal Ideafest selengkapnya, silakan klik tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.