Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Luncurkan Android Pixel 2 dan Pixel 2 XL, Harganya?

Kompas.com - 05/10/2017, 06:41 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google akhirnya merilis duo smartphone Android flagship, Pixel 2 dan Pixel 2 XL, Rabu (4/10/2017) siang waktu setempat atau Kamis (5/10/2017) dinihari WIB. Seperti pendahulunya, kedua ponsel tersebut dibedakan oleh ukuran.

Pixel 2 mengusung layar 5 inci beresolusi 1080 piksel, dengan aspek rasio 16:9. Sementara varian XL lebih besar dengan layar QHD Plus 6 inci dengan aspek rasio 18:9.

Dari segi desain, Pixel 2 masih memiliki bezel yang lumayan tebal sedangkan Pixel 2 XL sudah bezel-less. Soal ketahanan, Pixel 2 dan Pixel 2 XL masing-masing mengandalkan baterai berkapasitas 2.700 mAh dan 3.520 mAh.

Selain ukuran, desain, dan kapasitas baterai, fitur dan spesifikasi Pixel 2 dan Pixel 2 XL terbilang identik. Keduanya dipersenjatai prosesor Snapdragon 835, memiliki penyimpanan 64 GB atau 128 GB, RAM 4 GB, speaker stereo di sisi depan, pemindai sidik jari alias fingerprint scanner di punggung, port USB-C di bawah, dan tak memiliki jack audio 3,5 mm untuk earphone.

“Gunakan headphone Anda dengan menggunakan adaptor yang disediakan,” kata Chief Google Product, Mario Queiroz, di atas panggung peluncuran.

Baca: Ini Spesifikasi Lengkap Android Pixel 2 dan Pixel 2 XL

Seperti vendor smartphone lainnya, kualitas kamera menjadi salah satu perhatian utama Google dalam mengembangkan Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Mario Queiroz mengklaim kamera duet flagship tersebut memilki high dynamic range (HDR), optical image stabilization (OIS), serta pemrosesan gambar alias image processing yang lebih mumpuni.

Google Pixel 2Google Google Pixel 2
DxOMark disebut-sebut memberikan skor 98 untuk kamera Pixel 2 dan Pixel 2 XL yang notabene merupakan skor tertinggi. Skor itu bahkan mengalahkan kamera iPhone 8 Plus dan Samsung Galaxy Note 8. Padahal Pixel 2 dan Pixel 2 XL masih setia pada kamera tunggal, belum beralih ke kamera ganda.

Memiliki lensa dengan ukuran sensor resolusi 12 megapiksel, kamera Pixel 2 dan Pixel 2 XL dilengkapi fitur “Portrait Mode” yang fokus pada objek/orang tertentu dan memberikan efek bokeh untuk latar belakangnya. Portrait Mode ini hadir tak cuma di kamera belakang, namun juga kamera selfie-nya yang beresolusi 8 megapiksel.

Pemotretan juga dilengkapi “Motion Photos”, di mana kamera akan merekam video pendek selama tiga detik sebelum dan sesudah penjepretan. Foto yang dijepret dan video yang direkam dengan Pixel 2 maupun Pixel 2 XL bisa disimpan secara otomatis di Google Photos tanpa ada batasan kapasitas penyimpanan.

Fitur-fitur

Pixel 2 dan Pixel 2 XL disematkan fitur pengenal musik alias music recognition yang selalu aktif. Fungsinya serupa Shazam, atau aplikasi semacamnya, di mana ponsel akan menunjukkan penyanyi dan judul lagu tertentu ketika mendengar lagu tersebut diputar.

Keunggulan Pixel 2 dan Pixel 2 XL juga terletak dari sisi software. Berjalan pada sistem operasi Android Oreo teranyar, kedua smartphone dilengkapi Google Assistant yang kini bisa diakses dengan lebih praktis, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari VentureBeat.

Baca: Mirip Samsung Bixby, Google Lens Bikin Kamera Smartphone Makin Pintar

Google Assistant ini sudah memiliki fitur-fitur yang diperkenalkan pada ajang Google I/O beberapa bulan lalu, salah satunya adalah Google Lens, Fitur ini berguna untuk mengidentifikasi gambar lebih mendalam. Pengguna bisa bertanya kepada Google Lens tentang informasi mendalam soal objek yang Anda bidik dengan kamera Pixel 2 maupun Pixel 2 XL.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com