Kamera Pintar Google Clips Bisa Memotret Tanpa Diminta

Kompas.com - 05/10/2017, 15:13 WIB
Google Clips. GoogleGoogle Clips.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Sebagian pengguna gadget mungkin pernah lupa mengabadikan momen berharga, entah karena terlalu sibuk untuk memotret atau hal lain. Permasalahan itulah yang hendak dipecahkan oleh Google melalui produk kamera baru bernama Clips.

Kamera yang diluncurkan bersama duo smartphone Pixel 2 itu memiliki kecerdasan buatan yang bisa membuat perhitungan, kapan ia harus memotret. Dengan demikian, pengguna tinggal memasang di baju (atau tempat lain) dan bebas bergerak.

Clips adalah kamera mungil berbentuk persegi. Di permukaan tubuhnya hanya ada lensa dan tombol shutter, tanpa layar atau viewfinder untuk membidik gambar layaknya kamera digital lain atau smartphone.

Itu karena Clips tidak membutuhkan layar. Bahkan tombol shutter pun sebenarnya tak perlu karena kamera ini merekam video secara otomatis.

Begitu dinyalakan (dengan memutar lensa) dan ditaruh di suatu tempat, Clips akan mulai mengamati keadaan di depannya dengan lensa ultra-wide berbidang pandang selebar 130 derajat.

Baca: Ini Spesifikasi Lengkap Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL

Menggunakan kecerdasan buatan

Teknologi kecerdasan buatan (AI) di dalamnya akan berusaha mengenali wajah orang dan ekspresi seperti senyuman, lalu menilai sendiri kapan situasi yang tepat untuk menjepret foto atau merekam video, misalnya saat ada anak-anak yang tertawa di tengah permaianan

Clips mampu mengenali wajah orang, bahkan juga binatang peliharaan seperti anjing dan kucing. Semakin lama dipakai, Clips akan "belajar" mengenali siapa saja penghuni rumah serta apa saja binatang peliharaan di dalamnya.

Sang kamera pintar lantas akan memprioritaskan penghuni rumah dalam merekam momen, dibanding orang lain seperti tetangga yang kebetulan berkunjung dan terlihat oleh Clips.

"Ia akan merekam gambar yang stabil dan jelas dari orang-orang yang Anda kenal, dan Anda akan membantunya belajar siapa yang paling penting untuk Anda," ujar Product Manager Google, Juston Payne, saat memperkenalkan Clips, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Kamis (5/10/2017).

Clips merekam video dalam format klip pendek berdurasi 7 detik. Ia juga mampu menjepret 15 frame foto dalam satu detik, lalu memilih yang paling stabil dan jelas untuk disimpan. Penyimpanan internal 16 GB ikut disediakan, berikut koneksi USB-C, Wi-Fi Direct, dan Bluetooth untuk tersambung ke smartphone.


Menyenangkan atau menyeramkan?

Google berniat memasarkan Clips dengan banderol 249 dollar AS atau sekitar Rp 3,4 juta. Cukup mahal untuk ukuran kamera mungil yang bahkan tidak dijelaskan berapa megapiksel resolusi sensornya.

Sasaran utama Clips adalah para orang tua yang ingin selalu mengabadikan momen-momen berharga dengan keluarga. Tapi di sini timbul kekhawatiran, karena cara Clips yang merekam secara mandiri tanpa intervensi pengguna, bisa juga disebut secara diam-diam.

Sebagian orang mungkin memandang bahwa alat mungil ini tak ubahnya kamera pengawas menyeramkan yang terus menerus mengamati keluarga.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X