Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zaman Smartphone, Smartfren Kok Malah Rilis Feature Phone?

Kompas.com - 05/10/2017, 18:45 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyaris semua vendor ponsel sudah melupakan feature phone. Para vendor, terutama dalam beberapa bulan belakang ini, sudah beralih ke smartphone.

Meski begitu, Smartfren malah merilis feature phone baru. Perangkat yang dinamakan Andromax Prime itu benar-benar hadir layaknya feature phone pada umumnya, tanpa layar sentuh dan keypad numerik. Secara sepintas, perangkat tersebut juga seakan tidak punya fitur canggih, yakni hanya untuk telepon dan SMS.

Lantas, mengapa Smartfren malah memutuskan untuk merilis feature phone? Menurut Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys, saat ini masih banyak pelanggan seluler di Indonesia yang menggunakan jaringan 2G.

Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan 60 persen dari total pelanggan masih memakai jaringan tersebut.

Para pengguna feature phone dengan kemampuan 2G dikatakan Merza tidak mau beralih ke perangkat lain, karena sudah terbiasa. Memang pada kenyataannya, feature phone lebih mudah dioperasikan, dan hemat baterai.

Menyadari hal tersebut, Smartfren pun memutuskan untuk menghadirkan feature phone. Meski begitu, Andromax Prime bukan feature phone biasa, karena sudah dibekali dengan dukungan jaringan 4G LTE.

Baca: Smartfren Rilis Andromax Prime, Feature Phone 4G Rp 350.000

Dengan menggunakan desain feature phone, Smartfren berharap bisa menarik para pengguna 2G untuk beralih ke 4G.

"(Pengguna) Tidak usah takut, bisa pakai feature phone dengan numerik button, tetapi sudah 4G," kata Merza.

Selain itu, menurut Merza, masih banyak orang yang tidak mau berpindah ke 4G karena beranggapan harganya mahal. Nah, dengan harga perangkat hanya Rp 349.000, Merza berharap banyak pelanggan yang mau mencoba 4G, terutama ke jaringan Smartfren.

"Tujuannya budget terbatas dengan teknologi canggih, dan membuktikan 4G tidak mahal," kata Merza.

Andromax Prime sendiri memiliki kemampuan lebih dari feature phone. Ponsel ini bisa digunakan untuk mengakses YouTube, Facebook, dan aplikasi chatting WhatsApp.

"Pengguna bahkan bisa video call via WhatsApp pakai Andromax Prime," lanjut Merza.

Andromax Prime juga dibekali dengan kamera. Di bagian belakang, terdapat kamera resolusi 2 megapiksel. Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera VGA.

Untuk spesifikasinya, Andromax Prime dibekali dengan memori RAM 512 MB, ROM 4 GB, radio FM, dan bluetooth. Ada juga fitur WiFi untuk terhubung ke internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com