Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Cabut Blokir WhatsApp dan Skype

Kompas.com - 06/10/2017, 07:46 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi pada Kamis telah mencabut pemblokiran melakukan panggilan telepon melalui aplikasi online, namun akan memonitor dan menyensor panggilan-panggilan tersebut, kata juru bicara pemerintah.

Semua layanan panggilan telepon dan video – seperti Skype milik Microsoft, WhatsApp dari Facebook, dan Messenger serta Viber keluaran Rakuten – yang sudah memenuhi persyaratan peraturan sudah bisa diakses sejak akhir September 2017.

Adel Abu Hameed, juru bicara untuk badan pengatur telekomunikasi, dikutip KompasTekno dari VOA Indonesia, Jumat (6/10/2017), mengatakan bahwa aturan-aturan baru utamanya ditujukan untuk melindungi informasi pribadi dari pengguna dan memblokir konten-konten yang melanggar hukum kerajaan tersebut.

Ditanya apakah aplikasi-aplikasi tersebut bisa dimonitor oleh pemerintah atau perusahan-perusahaan, ia mengatakan, “Dalam keadaan apa pun, para pengguna tidak bisa menggunakan aplikasi untuk panggilan video maupun panggilan suara tanpa pengawasan dan sensor oleh Komisi Komunikasi dan Teknologi Informasi, baik untuk aplikasi global maupun lokal.”

Baca: WhatsApp Bikin Emoji Sendiri, Mirip Buatan Apple

Arab Saudi yang menerapkan pemblokiran untuk komunikasi via internet sejak 2013, seperti halnya negara-negara Teluk Arab lainnya, merasa khawatir layanan tersebut bisa digunakan oleh para aktivis dan militan.

Pencabutan pelarangan tersebut menunjukkan bagian dari upaya reformasi luas pemerintah Saudi untuk mendiversifikasi perekonomiannya yang sebagian merupakan respon terhadap turunnya harga minyak yang telah memukul keuangan negara tersebut.

Namun perubahan kebijakan ini bisa menggencet tiga operator telekomunikasi utama di Arab Saudi, yaitu Saudi Telecom, Etihad Etisalat (Mobily) dan Zain Saudi, yang telah mendapatkan banyak pemasukan dari panggilan telepon yang dilakukan jutaan ekspatriat yang tinggal di kerajaan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com