Kompas.com - 07/10/2017, 06:53 WIB
Uber Motor resmi diluncurkan Uber di Jakarta, Selasa (12/4/2016) UberUber Motor resmi diluncurkan Uber di Jakarta, Selasa (12/4/2016)
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Uber akhirnya menghadirkan layanan pengiriman barang atau kurir, UberDeliver, di Indonesia. Meski begitu, baru satu kota yang sudah bisa menjajal layanan tersebut, yakni Surabaya.

Pengiriman sendiri akan dilakukan dengan menggunakan motor. Artinya, Uber memanfaatkan mitra-pengemudi UberMotor juga untuk layanan pengiriman barang tersebut.

Cara memesan layanan UberDeliver pun tidak jauh berbeda dari layanan ojek motor Uber. Pengguna tinggal memilih logo UberDeliver serta memasukkan lokasi tujuan pengiriman dan pengambilan paket. Kemudian, biaya pengiriman akan tampil di aplikasi.

Jika setuju, pengguna tinggal mengonfirmasikan pemesanan dengan menekan tombol pesan. Setelah itu, pengguna tinggal menunggu mitra UberMotor datang ke lokasi.

Biaya pengiriman sendiri dihitung berdasarkan jarak dan biaya dasar dengan biaya minimal Rp 7.000 per pengiriman. Selain itu, pengguna juga dapat memantau status pesanan dengan GPS real-time di aplikasi dan membagikan posisi, serta status kiriman.

Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur chat dengan pengemudi langsung melalui aplikasi Uber.

Tentunya, ada aturan barang yang harus dipatuhi oleh pengguna. Ukuran paket tidak boleh lebih dari 70 x 50 x 50 cm. Bobotnya pun tidak boleh lebih dari 20 kg.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Barang berharga dan mahal, seperti uang tunai, perhiasan, dan perangkat elektronik, juga dilarang. Binatang, tanaman hidup, dan barang ilegal di Indonesia juga dilarang, sebagaimana KompasTekno rangkum dari rilis pers, Sabtu (7/10/2017).

UberDeliver pertama kali hadir di Ho Chi Minh City, Vietnam. Sementara itu, Surabaya merupakan kota ketiga tempat hadirnya layanan itu. Belum diketahui kapan layanan ini bakal tersedia di Jakarta dan kota lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.