Zuckerberg Akui Facebook Terinspirasi oleh Aplikasi Chatting Jadul

Kompas.com - 09/10/2017, 20:06 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Layanan pesan instan AOL Instant Messenger (AIM) tutup usia setelah 20 tahun beroperasi sejak 1997. Bagi para pengadopsi internet awal, layanan yang kini terasa jadul itu memiliki daya nostalgia tersendiri.

Salah satu yang menyimpan kisah kedekatan dengan AIM adalah CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Ia sesumbar layanan Facebook Messenger sedikit banyak terinspirasi dari AIM.

Cerita Mark Zuckerberg soal AIM dituangkan melalui status Facebook pada akun personalnya, Sabtu (7/10/2017) kemarin. Salah satu kemampuan AIM yang ia sukai adalah membiarkan pengguna memilih status diam alias idle ketika sedang online.

Dengan begitu, pengguna bisa memilih untuk tak diganggu oleh chat dari orang-orang tertentu kendati tengah berada di depan komputer. Pengguna bisa mengobrol secara online dengan orang-orang yang benar-benar ingin diajak bercerita saja.

Baca: Layanan Chatting AOL Ditutup setelah 20 Tahun

“Karena fitur itu, chat di Facebook selalu memungkinkan pengguna untuk mematikan (turn off) indikator aktivitas online,” ia menuturkan.

Mark Zuckerberg mengatakan AIM adalah salah satu bagian penting dari masa kecilnya. Ia belajar memahami komunikasi via internet secara emosional dan intuitif melalui penggunaan AIM.

Dari situ Mark Zuckerberg menemukan cita-citanya untuk membuat platform internet yang memungkinkan orang-orang terhubung meski terpaut jarak dan waktu. Hal lain yang memicunya mengimplementasikan cita-cita itu adalah sang ayah.

Mark Zuckerberg bercerita pada suatu hari sang ayah melihatnya menjajal AIM. Sang ayah lantas meminta dirinya menyetel AIM di komputer kantornya sehingga bisa berkomunikasi dengan rekan-rekannya.

Kala itu Mark Zuckerberg termotivasi membuatkan sistem selain AIM. Ia yang sedari kecil telah belajar dan mencintai coding akhirnya membuatkan sebuah sistem bertajuk “ZuckNet” untuk sang ayah dan rekan-rekannya.

Halaman:
Sumber Facebook


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.