Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VIK: Tren Kamera Film di Era Digital

Kompas.com - 10/10/2017, 10:59 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Popularitas kamera film kian menurun sejak kemunculan kamera digital di pengujung abad ke-21. Pabrikan kamera berbondong-bondong menghentikan produksi kamera film, seiring dengan pembuatan rol film yang semakin langka.

Kendati begitu, kamera film tak lantas mati. Belakangan kamera film  kembali marak di kalangan milenials yang sejatinya hidup di era digital serba instan dan canggih.

Menurut pendiri ruang kreatif Saka Space, Fahmy Siddiq, kamera film adalah soal menikmati dan menghargai proses. Mulai dari mengisi rol film ke kamera, menunggu momen tepat, menjepret, hingga menunggu hasil cuci fotonya.

Hal tersebut diamini Azmi Mudhoffar yang baru setahun terakhir mempelajari kamera film. Fotografer freelance ini merasa lebih menghargai karyanya ketika belajar kamera film.

Pasalnya, ada proses berpikir yang lebih matang sebelum menjepret ketika menjajal kamera film. Ini serta-merta berbeda dengan mekanisme di kamera digital, di mana jika pembidik tak suka foto tertentu bisa langsung dilihat dan dihapus.

Jika Fahmy dan Azmi masih sekadar menjadi penghobi kamera film, Renaldy Fernando sudah membawa hobinya ke ranah bisnis dengan membuka blog dan toko perkakas kamera analog bertajuk “jellyplayground”.

Peluang bisnis menyusul tren kamera film ini juga dilirik penyanyi jazz sekaligus dokter bedah kulit, Teuku Adifitrian alias “Tompi”. Mulanya hobi, lantas Tompi membuka laboratorium cuci film bertajuk “Soup N Film” bersama beberapa kawannya.

Untuk cerita selengkapnya soal seluk-beluk kamera film beserta trennya di era digital seperti sekarang, cek Visual Interaktif Kompas (VIK) pekan ini melalui tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com