Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Note 9 Punya Fitur yang Tak Jadi Dipasang di iPhone X?

Kompas.com - 10/10/2017, 13:14 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Note 9 dikabarkan bakal memiliki sensor pemindai sidik jari di bawah layar, alias under-display optical fingerprint. Setidaknya begitu menurut analis KGO Securities, Ming-Chi Kuo.

Fitur ini kabarnya lebih dulu ingin diimplementasikan Apple pada iPhone X yang dirilis beberapa saat lalu. Kendati demikian, menurut kabar, Apple mengurungkan niatnya lantaran ada masalah produksi.

Sebagai gantinya, Apple mematrikan fitur Face ID di iPhone X. Alih-alih mengidentifikasi sidik jari, Face ID bakal mengidentifikasi wajah untuk menjamin keamanan privasi pengguna.

Sensor under-display optical fingerprint memungkinkan pengguna Galaxy Note 9 membuka alias unlock smartphone mereka dengan menempatkan jari di bagian mana pun di atas layar. Selama ini, sensor sidik jari mesti diakses di tombol khusus atau di tombol Home.

Baca: Begini Cara Kerja Sensor Fingerprint pada Smartphone!

Ming-Chi Kuo mengatakan, ada tiga pabrikan yang menawarkan pasokan sensor under-display optical fingerprint untuk Samsung. Salah satunya adalah Synaptic yang tak lain merupakan pemasok komponen untuk produk-produk Apple.

Selain itu, perusahaan Egis yang saat ini memasok fitur fingerprint scanner untuk Samsung juga disebut-sebut sebagai kandidat kuat memenangkan tender. Samsung masih enggan buka mulut soal rumor ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (10/10/2017) dari BusinessInsider.

Galaxy Note 9 dikatakan bakal meluncur sekitar satu tahun lagi, atau September 2018 mendatang. Dugaan itu merujuk pada rekam jejak peluncuran lini Galaxy Note selama ini.

Benar atau tidaknya berbagai bocoran yang beredar, belum bisa diyakini 100 persen. Tunggu saja peluncurannya akhir tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com