Kompas.com - 11/10/2017, 07:11 WIB
iPhone X memiliki desain layar nyaris tanpa bezel, sejumlah kamera, speaker dan sensor disematkan di tepi atasnya AppleiPhone X memiliki desain layar nyaris tanpa bezel, sejumlah kamera, speaker dan sensor disematkan di tepi atasnya
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pengembangan iPhone X yang bakal memulai debutnya di pasaran sebentar lagi ternyata membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Apple membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk itu hingga akhirnya iPhone X siap untuk diluncurkan tahun ini.

Dalam wawancara di acara Tech Fest yang diadakan The New Yorker di New York City akhir pekan lalu, Chief Design Officer Jony Ive mengungkapkan, pengembangan iPhone baru tersebut menghabiskan waktu selama setengah dekade atau lima tahun.

"Teknologi itu (iPhone X) dikerjakan selama lima tahun, dan kami memiliki purwarupa sebesar ini," kata Jony Ive.

Dengan kata lain pada saat Apple meluncurkan iPhone 5 yang memiliki layar 4 inci pada tahun 2012 lalu, Apple sudah mulai mengerjakan prototipe iPhone X yang mengusung layar jumbo berukuran 5,8 inci.

Baca: Pujian dan Kritik untuk iPhone X

Bukan tanpa hambatan, pengembangan iPhone X tidak semudah yang dibayangkan. Jony Ive mengatakan Apple menemui banyak sekali kegagalan dalam mengerjakan iPhone generasi baru yang tak dilengkapi sensor Touch ID tersebut.

"Sebanyak 99 persen dari waktu yang digunakan (dari 5 tahun), pengembangan iPhone X kebanyakan gagal," kata Jony Ive.

Meski menghadapi banyak tantangan, Jony Ive mengatakan yang paling diingatnya dalam pengembangan iPhone X bukan produk jadinya melainkan prosesnya untuk menciptakan produk yang mengagumkan.

"Apa yang saya ingat sebagian besar bukanlah tentang produknya, tetapi proses pembuatannya," ujar Jony Ive.

Mengenai kegagalan demi kegagalan yang dihadapi Apple, Jony Ive mengatakan kegagalan itu tidak menarik. Dia juga mengakui bahwa Apple melakukan banyak kesalahan namun dia percaya kesalahan tidak datang dari seorang pemalas yang yakin sesuatu tidak bakal berhasil.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.