Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Apple Tak Suka iPhone Terlalu Sering Dipakai

Kompas.com - 12/10/2017, 06:49 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa para pengguna gadget sering sibuk sendiri. Sebuah studi eMarketer tahun 2016, misalnya, menunjukkan bahwa pemilik gadget mobile menghabiskan waktu 4 jam dan 5 menit tiap hari dalam memakai perangkatnya.

Bos desain Apple, Jony Ive, pun agaknya kurang suka dengan penggunaan gadget yang berlebihan sehingga pemakainya lebih asyik dengan layar ketimbang dunia sekitar.

“Seperti alat-alat lainnya, (iPhone) bisa digunakan dengan baik atau disalahgunakan,” kata Jony Ive ketika diwawancarai dalam acara TechFest oleh The New Yorker, pekan lalu. Dia menanggapi pertanyaan soal bagaimana iPhone mengubah dunia.

Lantas, apa yang dimaksud oleh Ive dengan “penyalahgunaan” iPhone? “Mungkin dengan dipakai terus-menerus,” jawabnya singkat, seakan jengah dengan orang yang selalu memandang layar ponsel.

Baca: Cerita Mencurigakan Google Beli Apple Rp 121 Triliun

Jony Ive sendiri mengaku berusaha tak sering-sering membuka ponselnya untuk mengecek e-mail masuk, pesan teks, dan lain-lain. “Dengan (Apple) Watch baru, saya cenderung tak melakukan itu,” imbuh Ive, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Fast Company, Kamis (12/10/2017).

Jawaban Jony Ive yang setengah berpromosi sejalan dengan CEO Apple Tim Cook. Dia juga pernah mengatakan bahwa Apple Watch memang ditujukan agar pengguna tak perlu sering-sering menengok ponsel dengan meneruskan notifikasi ke pergelangan tangan.

Di Apple, Ive memegang peranan penting sebagai penentu desain aneka macam produk. Dialah sosok di belakang rancangan komputer Mac, iPod, iPhone, hingga kantor baru Apple.

Dalam kesempatan yang sama, Ive turut mengemukakan bahwa dia dulu mendesain iPhone pertama lantaran merasa tak suka dengan ponsel-ponsel yang beredar di masa itu. “Kala mengerjakan iPhone, sebagian motivasi berasal dari kebencian terhadap ponsel yang kami gunakan,” pungkasnya.

Baca: Apple Butuh 5 Tahun Garap iPhone X

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com