Kompas.com - 12/10/2017, 08:03 WIB
iPhone 8 dan 8 Plus dibekali kemampuan anti-air AppleiPhone 8 dan 8 Plus dibekali kemampuan anti-air
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Apple diperkirakan bakal segera meluncurkan iPhone 8 dan iPhone X di Indonesia. Hal ini terindikasi dari perkembangan proses perizinan untuk kedua tipe smartphone itu yang tengah dibuat di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Kepastian soal adanya pengurusan perizinan tersebut disampaikan oleh Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika I Gusti Putu Suryawirawan saat dihubungi oleh KompasTekno, Kamis (12/10/2017).

"Saat ini PT. Apple Indonesia sedang mengurus Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk tipe-tipe itu (iPhone 8 dan iPhone X), sesuai Permenperin No. 29 tahun 2016," ujar pria yang akrab disapa Putu itu kepada KompasTekno melalui layanan pesan singkat.

"Sertifikatnya diperkirakan akan terbit dalam waktu dekat," imbuhnya.

Baca: iPhone X Laku, Samsung Untung Banyak

Sertifikat TKDN dari Kemenperin merupakan salah satu syarat yang dibutuhkan agar Apple diziinkan menjual iPhone 8 dan iPhone X secara legal di Indonesia.

Meski sudah hampir memenuhi satu persyaratan, iPhone 8 dan iPhone X tampaknya baru akan hadir dalam beberapa bulan ke depan. Apple masih harus mengurus beberapa sertifikasi lagi sebelum diperbolehkan menjual kedua perangkat tersebut secara resmi di Tanah Air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple masih harus menguji perangkat di balai uji Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Telematika (Ditjen SDPPI). Selanjutnya, baru Apple dapat mengurus perizinan untuk memasukkan atau impor iPhone 8 dan iPhone X ke Indonesia.

iPhone X, yang merupakan smartphone kelas tertinggi dari Apple, dibekali dengan desain layar depan yang nyaris tanpa bezel, Face ID atau fitur sensor pemindai wajah untuk membuka kunci, layar OLED yang sanggup menampilkan mode HDR, serta kamera dengan portrait mode dan animoji.

Sedangkan iPhone 8 dan 8 Plus, seolah hanya terlihat sebagai pembaruan internal dari iPhone 7 dan 7 Plus. Secara keseluruhan smartphone ini masih mengusung desain serupa dengan sedikit perubahan pada jeroan internalnya, yakni prosesor A11 Bionic baru, tambahan fitur pada layar, memori internal, RAM, dan fitur kamera.

Baca: Membandingkan Spesifikasi iPhone X, iPhone 8, dan Galaxy Note 8

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.