Kompas.com - 12/10/2017, 13:30 WIB
paten Apple yang memungkinkan band pada Apple Watch otomatis melonggarkan atau mengencangkan lilitan. Applepaten Apple yang memungkinkan band pada Apple Watch otomatis melonggarkan atau mengencangkan lilitan.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Tali alias band untuk arloji pintar Apple Watch bakal lebih praktis dan canggih. Apple baru saja mendaftarkan paten yang memungkinkan band Apple Watch secara otomatis memperlonggar atau mengencangkan lilitan ke pergelangan tangan.

Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi menyetel band secara manual agar terasa pas. Paten yang diajukan Apple ini bertajuk "dynamic fit adjustment for wearable electronic device" atau lebih kurang artinya "penyesuaian (tali) dinamis untuk wearable".

Band canggih tersebut tentu memiliki mekanisme yang kompleks, bukan sekadar band berbahan karet atau kulit yang selama ini digunakan pada Apple Watch.

Pada dokumen paten, disebutkan band bakal disematkan kabel yang berkontraksi dengan sinyal listrik untuk mengencangkan atau melonggarkan lilitan. Kabel tersebut memiliki memori kecil untuk merekam ukuran lilitan yang pas di tangan pengguna.

Baca: Pengguna di Indonesia, Jangan Beli Apple Watch 3 Sekarang!

Band juga bakal terhubung dengan data biometrik pada Apple Watch. Ketika melilitkan band, layar Apple Watch bakal memperlihatkan grafik lemah untuk lilitan longgar dan grafik intens untuk lilitan ketat.

Paten ini menandai ide segar dari Apple. Bukan hanya berinovasi dari segi spesifikasi perangkat dan desain, tapi juga fungsi elemen pelengkapnya yakni band.

Kendati begitu, perlu dicatat bahwa paten ini masih berbentuk dokumen semata. Paten biasanya direalisasikan, tapi tak menutup kemungkinan hanya berakhir sebagai paten saja, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (12/10/2017) dari Ubergizmo

Apple pun belum tentu menyematkannya pada Apple Watch berikutnya. Sebab, paten tersebut tak spesifik menyebut "Apple Watch" melainkan perangkat "wearable". Kita tunggu saja kejutan dari Apple untuk implementasi paten teranyarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Ubergizmo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.