Apple Siapkan iPhone Layar Lipat?

Kompas.com - 13/10/2017, 14:01 WIB
iPhone X AppleiPhone X
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - iPhone X adalah smartphone pertama dari Apple yang menggunakan panel layar tipe OLED, setelah selalu setia pada LCD di model-model iPhone sebelumnya.

Pemanfaatan OLED oleh Apple pun agaknya tak berhenti di iPhone X. Pabrikan gadget berlambang buah Apel tergigit itu belakangan dikabarkan bekerja sama dengan LG untuk membuat layar OLED fleksibel yang bisa dilipat.

Layar tersebut diduga akan dipakai di model-model iPhone di masa mendatang, meski masih belum jelas benar seperti apa bentuknya nanti.

Layar OLED untuk iPhone X sebenarnya dipasok secara eksklusif oleh Samsung. Untuk “iPhone lipat”,  Apple diduga sengaja menggandeng LG lantaran tak mau teknologinya bocor ke Samsung yang merupakan rival berat di ranah smartphone.

Baca: Samsung Selangkah Lagi Rilis Android Lipat Galaxy X?

Di tengah-tengah posisi Samsung yang dominan dalam hal produksi layar OLED untuk perangkat mobile, Apple disinyalir menguatkan kerja sama dengan LG, partner lamanya untuk urusan layar LCD.

LG belakangan diketahui telah memulai produksi layar OLED untuk ponsel di Gumi, Korea Selatan. Batch pertama produksi akan dikirimkan ke pabrik smartphone LG dan sejumlah vendor China.

Keterangan sumber yang dirangkum KompasTekno dari The Investor, Jumat (13/10/2017) menyebutkan bahwa LG bisa memulai produksi layar OLED untuk iPhone pada 2020, saat pabrik baru bernama E6 sudah selesai dibangun di Paju, Propinsi Gyeonggi.

Sementara itu, Samsung diduga sedang bersiap untuk meluncurkan ponsel pertamanya yang dibekali teknologi layar fleksibel. Perangkat ini diprediksi akan hadir di pasaran tahun depan.

Baca: Bos Apple Tak Suka iPhone Terlalu Sering Dipakai

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X