Facebook Buka Pemesanan Makanan Mirip Go-Food

Kompas.com - 16/10/2017, 11:36 WIB
Fitur pemesanan makanan di Facebook. FacebookFitur pemesanan makanan di Facebook.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Para pengguna gadget di Indonesia tentu akrab dengan jasa pesan dan antar makanan yang ditawarkan penyedia transportasi online seperti Go-Food di aplikasi Go-Jek.

Akhir pekan lalu, Facebook meluncurkan fitur serupa di Amerika Serikat. Para pengguna kini bisa memesan makanan langsung dari aplikasi dan situs mobile Facebook.

Caranya adalah dengan mengklik menu baru bernama “Order Food” di bawah tab “Explore”, memilih restoran, lalu klik tombol “start order”.

Berbeda dari layanan macam Go-Food, Facebook tidak memiliki armada (rekanan) kurir makanan sendiri, melainkan bekerja sama dengan penyedia jasa tersebut yang sudah ada sebelumnya, termasuk GrubHub, Delivery.com, ChowNow, dan Slice.

Pengguna pun sebenarnya akan dialihkan ke situs-situs rekanan tersebut apabila memesan makanan. Namun, dengan diintegrasikan ke Facebook, setidaknya pengguna bisa langsung memesan dari aplikasi atau situs mobile jejaring sosial itu tanpa perlu membuka web atau aplikasi lain.

Menu Order Food di tab Explore aplikasi Facebook.Facebook Menu Order Food di tab Explore aplikasi Facebook.
“Pengguna sudah berada di Facebook untuk melihat restoran dan memutuskan mau makan atau pesan makanan di mana, kami mempermudah saja,” ujar VP Facebook Alex Himel, seperti dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (1610/2017).

Himel menambahkan, pihak Facebook sebenarnya sudah mulai mengujicoba fitur pemesanan makanan sejak tahun lalu, namun baru belakangan saja meresmikannya setelah mendapat feedback pengguna dan menambah jumlah rekanan.

Selain dengan penyedia jasa kurir makanan, Facebook turut bekerja sama dengan jaringan restoran setempat seperti Chipotle, Wingstop, dan TGI Friday’s.

Jasa antar makanan lewat Facebook baru tersedia untuk pengguna aplikasi dan situs mobile di Amerika Serikat saja. Belum diketahui kapan Facebook akan memperluasnya ke wilayah lain.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X