Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Android Nokia yang Sudah Terjual?

Kompas.com - 16/10/2017, 18:19 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Nokia adalah “pendatang baru” di pasaran smartphone yang lahir kembali lewat kolaborasi HMD Global selaku pemegang lisensi merek Nokia dan anak perusahaan Foxconn sebagai rekanan manufaktur.

Kendati baru memulai debutnya pada awal 2017, penjualan smartphone Nokia ternyata cukup menggembirakan. Setidaknya begitulah menurut firma riset pasar IDC yang mencatat smartphone Android Nokia sudah terjual 1,5 juta unit pada paruh pertama tahun ini.

Pada kuartal kedua 2017, IDC mengatakan Nokia memiliki pangsa pasar smartphone global sebesar 0,4 persen. Pabrikan itupun duduk di urutan kelima soal brand smartphone di negeri asalnya, Finlandia.

“Ini awal yang bagus, mengingat penjualan yang sebenarnya terjadi dalam satu kuartal,” sebut direktur riset IDC, Francisco Jeronimo, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (16/10/2017).

Baca: Meski Baru Comeback, Nokia Optimis Masuk 3 Besar Indonesia


Seorang analis sekaligus mantan pengawai Nokia, Tomi Ahonen, mengatakan Nokia sudah menjual 4 juta smartphone hingga saat ini. Dengan adanya musim liburan yang hampir tiba, dia memperkirakan angka tersebut bisa naik mencapai 10 juta unit dalam setahun sejak debut Nokia.

Nokia kini memiliki empat model ponsel Android, yakni Nokia 3, 5, 6, dan 8 yang masing-masing duduk di kelas menengah bawah (Nokia 3), menengah (Nokia 5 dan 6), dan segmen atas (Nokia 8).

Nokia 3, 5, dan 6 sudah resmi dipasarkan di Indonesia mulai bulan ini. Pabrikan tersebut diprediksi masih memiliki dua model smartphone yang bakal diliris, yakni Nokia 2 untuk mengisi segmen entry level dan Nokia 9 sebagai flagship.

Baca: Android Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 dalam Genggaman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com