Admin Grup WhatsApp di Zimbabwe Harus Dapat Izin Pemerintah

Kompas.com - 17/10/2017, 06:58 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Semua pengelola atau admin grup WhatsApp di Zimbabwe harus mendaftarkan diri ke pemerintah agar mendapat izin operasional. Aturan ini telah diteken Menteri Keamanan Siber Zimbabwe, Patrick Chinamasa, pada 10 Oktober 2017.

Kendati begitu, penegakan hukumnya masih dalam tahap uji coba selama lebih kurang sebulan. Per 1 November 2017, admin grup WhatsApp yang tak mendaftarkan diri bisa ditetapkan sebagai “kriminal”.

Anggota grup WhatsApp pun berpotensi dikenai sanksi. Setidaknya begitu yang tertera pada Surat Edaran Kementerian Siber Zimbabwe.

“Anggota grup yang adminnya tak terkualifikasi bisa dianggap melakukan tindakan kriminal,” tertulis pada aturan baru pemerintah Zimbabwe.

Aturan sengaja dirancang bersifat sebab-akibat agar admin maupun anggota grup WhatsApp bisa saling mengingatkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (17/10/2017) dari ZambianObserver.

Belum dijabarkan lebih lanjut hukuman seperti apa yang akan diberikan, baik itu penjara atau denda. Jangka waktu penahanan atau besaran denda pun belum diketahui.

Yang jelas, aturan baru di Zimbabwe bertujuan menjaga keamanan negara dari berbagai serangan siber. Hingga kini belum ada tanggapan dari pihak WhatsApp.

Baca: Menkominfo: Pengguna WhatsApp di Indonesia Juga Bisa Dipenjara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.