Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft dan iOS Aman dari Serangan KRACK, Bagaimana Android?

Kompas.com - 17/10/2017, 10:37 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Di tengah kepanikan netizen menyusul ditemukannya celah keamanan pada protokol WPA2, Microsoft berupaya tenang. Raksasa software tersebut sesumbar pengguna sistem operasi Windows tak perlu khawatir.

Pasalnya, Microsoft sudah merilis tambalan keamanan alias patch yang diklaim ampuh dari eksploitasi protokol WPA2. Patch tersebut sudah ada sejak 10 Oktober lalu, sebagai bagian dari pembaruan sistem operasi Windows.

“Pengguna yang telah memperbarui Windows dan mengaktifkan update keamanan secara otomatis terlindungi,” begitu keterangan resmi Microsoft.

Pengguna iOS 11 dan macOS High Sierra pun dikatakan aman. Menurut para peneliti, sistem keamanan pada iOS 11 dan macOS High Sierra cukup kuat dan menyulitkan para pembobol untuk beraksi melalui celah pada protokol WPA2.

Celah keamanan pada protokol WPA2 membahayakan semua perangkat yang terkoneksi WiFi di seluruh dunia. Peretas bisa membobol jaringan WiFi dengan metode key reinstallation attacks (KRACK) yang cukup sederhana.

Metode KRACK memungkinkan peretas masuk ke jaringan WiFI tanpa mengetahui password. Peretas mencegat lalu-lintas data pada jaringan dan menghimpun semua informasi yang diperlukan untuk membobol jaringan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (17/10/2017), dari WindowsCentral.

Jika berhasil, peretas punya kuasa mencuri data penting seperti nomor dan password kartu kredit, isi pesan, email, foto, dan lainnya. Peretas juga dapat menyisipkan ransomware atau malware via celah keamanan tersebut.

Pernyataan dari Microsoft tentu merupakan kabar baik bagi pengguna Windows. Ketanggunan iOS dan macOS pun layak diacungi jempol.

Lantas bagaimana dengan Android? Sistem operasi buatan Google tersebut berjanji bakal merilis patch pada 6 November mendatang. Patch itu bakal lebih dulu tersedia untuk lini Pixel sebelum disebar ke perangkat-perangkat Android lainnya.

Baca:
- Cara Krack Bobol Keamanan Hampir Semua WiFi di Dunia
- Waspada, WiFi Super-aman dan Dipakai di Seluruh Dunia Dibobol Hacker

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com