Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Akuisisi "Tbh", Medsos yang Ramai di Kalangan Remaja

Kompas.com - 17/10/2017, 14:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Facebook semakin disesaki para orang tua. Jejaring sosial yang didirikan Mark Zuckerberg itu lantas mengakuisisi Instagram sebagai “rumah baru” bagi anak muda.

Tak cukup sampai di situ, Facebook kembali mencaplok media sosial yang populer di kalangan remaja bertajuk “Tbh”. Tbh merupakan akronim “To Be Honest” atau “menjadi jujur”.

“Tbh dan Facebook memiliki kesamaan tujuan, yakni membangun komunitas dan memungkinkan masyarakat saling berbagi,” kata Facebook.

“Ketika kami bertemu Facebook, kami sadar memiliki nilai yang serupa yakni menghubungkan orang-orang melalui interaksi yang positif,” begitu menurut Tbh.

Baca: Facebook Ditinggalkan Remaja Lebih Cepat dari yang Dibayangkan

Sesuai namanya, Tbh memungkinkan pengguna bertukar pesan yang jujur dan positif, baik dalam bentuk pujian, apresiasi, atau sekadar deretan kata manis. Ada juga polling untuk sifat-sifat positif yang bisa ditujukan ke sesama pengguna.

Tbh ramai dibicarakan sejak pertengahan tahun ini dan telah menghimpun 5 juta pengguna. Lebih dari satu miliar pesan telah dibagi melalui aplikasi tersebut.

Facebook dan Tbh tak mengumbar nilai akuisisi yang disepakati. Yang jelas, Tbh tak akan tetap beroperasi sendiri layaknya Instagram dan WhatsApp, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (17/10/2017) dari Cnet.

Agaknya Facebook ingin mengulangi kesuksesan layanan-layanan sebelumnya yang diakuisisi. Sebut saja Instagram yang dibeli pada 2012 dan sejak itu bertumbuh signifikan hingga kini memiliki 800 juta pengguna aktif bulanan.

Begitu juga dengan WhatsApp yang bisa dibilang sebagai layanan bertukar pesan "sejuta umat". Saat ini, lebih dari satu miliar netizen aktif menggunakan WhatsApp setiap harinya.

Pantauan KompasTekno, Tbh baru tersedia untuk pengguna iOS. Belum ada aplikasi Tbh yang bisa diunduh di toko aplikasi Google Play Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com