Telkomsel Menangi Lelang Frekuensi 2.300 MHz Rp 1 Triliun

Kompas.com - 17/10/2017, 20:42 WIB
Petugas Telkomsel sedang melakukan pemeliharaan BTS rutin di wilayah Entikong, Kalimantan. Wilayah tersebut berbatasan langsung dengan Malaysia.a Dok Humas TelkomselPetugas Telkomsel sedang melakukan pemeliharaan BTS rutin di wilayah Entikong, Kalimantan. Wilayah tersebut berbatasan langsung dengan Malaysia.a
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) keluar sebagai pemenang lelang frekuensi 2.300 MHz (2,3 GHz) yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Panitia seleksi mengumumkan calon Pemenang Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2.300 MHz, yaitu PT Telekomunikasi Seluler dengan harga Rp 1,007 triliun," kata Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Noor Izza dalam pesan singkatnya, Selasa (17/10/2017).

Menurut Noor Izza, pelaksanaan lelang harga atas Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2.300 MHz telah selesai dilaksanakan selama dua hari kerja sejak hari Senin, (16/10/2017)  pukul 09.00 WIB.

Dari lelang tersebut, menyisakan satu peserta yang menyampaikan harga penawaran tertinggi pada Selasa (17/10/2017) pukul 10.35, yakni Telkomsel.

Baca: Ini Saran Telkomsel soal Lelang Frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 GHz

Dengan demikian, Telkomsel akan mendapatkan tambahan spektrum sebesar 30 MHz di frekuensi 2.300 MHz.

Nilai yang diajukan Telkomsel meningkat tajam dari harga dasar yang ditawarkan, yakni Rp 336,720 miliar dengan bid bond sebesar Rp 146,688 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat dikonfirmasi secara terpisah, Vice President Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati mengatakan masih menunggu penetapan pemerintah.

"Telkomsel masih menunggu keseluruhan proses dan pengumuman penetapannya oleh pemerintah," kata Dita.

Dengan demikian, sesuai Permen Kominfo No. 20/2017, Telkomsel selaku pemenang lelang frekuensi 2.300 MHz tidak dapat mengikuti lelang frekuensi 2.100 MHz. ‎

Kemkominfo sendiri baru akan menyelenggarakan lelang frekuensi 2.100 MHz pada tahap penyerahan dokumen permohonan untuk mengikuti lelang tersebut selama 5 hari kerja setelah diumumkan hasil seleksi untuk pita frekuensi 2.300 MHz.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.