2018, Dua Pertiga Penduduk Dewasa Dunia Punya Smartphone

Kompas.com - 18/10/2017, 17:45 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Jumlah penduduk dunia usia muda yang memiliki smartphone diperkirakan mencapai angka 66,5 persen. Jumlah tersebut setara dengan dua pertiga dari total jumlah penduduk dewasa dunia pada 2018 mendatang.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh lembaga survey Zenith yang dilansir di laman Recode dan dikutip KompasTekno, Rabu (18/10/2017), jumlah tersebut meningkat dari tahun 2017 yang mencapai 63 persen.

Dari 52 negara yang menjadi contoh penelitian oleh Zenith, Belanda menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan usia dewasa pemilik smartphone terbanyak di dunia.

Penduduk usia dewasa Belanda yang memiliki smartphone berkisar 93,9 persen. Namun, negara maju seperti Inggris dan Amerika Serikat justru hanya memiliki 70 persen penduduk dewasa yang memiliki smartphone.

Baca: Penjualan Smartphone Rp 3 Jutaan Mulai Tumbuh

Singapura menjadi negara di Asia Tenggara pertama, atau peringkat 11 seluruh dunia dengan persentase sebesar 95 persen. Sayangnya, Indonesia tidak termasuk dalam survey yang dilakukan kali ini.

Meski demikian, pertumbuhan kepemilikan smartphone kian melambat belakangan ini, karena kondisi pasar yang kian jenuh. Kepemilikan smartphone meningkat 10 persen tahun ini dan diprediksi akan tumbuh 7 persen saja pada 2018.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai perbandingan, tahun lalu angka kepemilikan smartphone meningkat sebesar 14 persen.

Kepemilikian perangkat mobile dianggap memiliki implikasi yang besar untuk iklan, yang kian kemari menuju ke mobile. Menurut survey Zenith, peranti mobile akan menyumbang 73 persen konsumsi iklan pada 2018 nanti, dan 58 persen pengeluaran iklan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.