Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesatria Wanita Majapahit Bakal Muncul di Game "Civilization VI"

Kompas.com - 19/10/2017, 07:20 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com - Peradaban dan budaya Indonesia tampaknya punya sisi menarik di mata developer game tingkat dunia. Beberapa waktu lalu, Gatotkaca, seorang tokoh pewayangan Indonesia diangkat menjadi hero di salah satu game ternama, Mobile Legend.

Kali ini, tokoh kesatria asal Indonesia kembali diadaptasi untuk menjadi karakter dalam sebuah game. Ia adalah kesatria wanita, Dyah Gitarja yang bakal hadir dalam game Civilization VI.

Dyah Gitarja adalah kesatria sekaligus ratu yang mengantarkan Majapahit menuju masa kejayaan. Namanya pertama kali muncul dalam kitab Negara Kertagama karangan Mpu Prapanca.

Dalam kitab tersebut, Dyah Gitarja disebutkan sebagai putri pertama Raden Wijaya, pendiri kerajaan Majapahit yang naik tahta setelah kematian kakak tirinya, Raja Jayanegara.

Baca: Makin Populer, Mobile Legends Luncurkan Karakter Hero Lokal GatotKaca

Kemunculan tokoh wanita Nusantara pada game racikan Firaksis tersebut resmi diumumkan di situs resmi Civilization, dikutip KompasTekno, Rabu (8/10/2017). Dalam game tersebut, Dyah Gitarja akan memimpin kerajaannya, Majapahit menuju puncak kejayaan.
 
Civilization sendiri bisa dikatakan sebagai permainan strategi dengan tingkat kompleksitas yang tinggi. Permainan ini tidak selalu menonjolkan kekerasan dan penyerangan sebagaimana game strategi lain.

Game ini justru menonjolkan diplomasi sebagai solusi, seperti bekerja sama, berdagang, dan menyebarkan pengaruh kebudayaan pada peradaban.

Salah satu ciri Khas dari Civilization adalah mengadaptasikan masa lampau. Sebagai sebuah kerajaan yang pernah menorehkan kejayaan, tak heran jika Indonesia, khususnya Majapahit menjadi sorotan.

Sebagai unit di Civilization VI, Indonesia akan punya keunggulan di sektor kelautan dengan unit yang akan berfungsi efektif di sana. Dalam teaser berdurasi kurang lebih dua menit itu, Indonesia digambarkan tampil lebih solid dalam pertempuran di wilayah kepulauan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com