Kesatria Wanita Majapahit Bakal Muncul di Game "Civilization VI"

Kompas.com - 19/10/2017, 07:20 WIB
Dyah Gitarja, Tokoh asal Indonesia yang Akan Aembantu Memenangkan Permainan Civilitation Rizky C. Septania/CivilizationDyah Gitarja, Tokoh asal Indonesia yang Akan Aembantu Memenangkan Permainan Civilitation
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Peradaban dan budaya Indonesia tampaknya punya sisi menarik di mata developer game tingkat dunia. Beberapa waktu lalu, Gatotkaca, seorang tokoh pewayangan Indonesia diangkat menjadi hero di salah satu game ternama, Mobile Legend.

Kali ini, tokoh kesatria asal Indonesia kembali diadaptasi untuk menjadi karakter dalam sebuah game. Ia adalah kesatria wanita, Dyah Gitarja yang bakal hadir dalam game Civilization VI.

Dyah Gitarja adalah kesatria sekaligus ratu yang mengantarkan Majapahit menuju masa kejayaan. Namanya pertama kali muncul dalam kitab Negara Kertagama karangan Mpu Prapanca.

Dalam kitab tersebut, Dyah Gitarja disebutkan sebagai putri pertama Raden Wijaya, pendiri kerajaan Majapahit yang naik tahta setelah kematian kakak tirinya, Raja Jayanegara.

Baca: Makin Populer, Mobile Legends Luncurkan Karakter Hero Lokal GatotKaca

Kemunculan tokoh wanita Nusantara pada game racikan Firaksis tersebut resmi diumumkan di situs resmi Civilization, dikutip KompasTekno, Rabu (8/10/2017). Dalam game tersebut, Dyah Gitarja akan memimpin kerajaannya, Majapahit menuju puncak kejayaan.
 
Civilization sendiri bisa dikatakan sebagai permainan strategi dengan tingkat kompleksitas yang tinggi. Permainan ini tidak selalu menonjolkan kekerasan dan penyerangan sebagaimana game strategi lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Game ini justru menonjolkan diplomasi sebagai solusi, seperti bekerja sama, berdagang, dan menyebarkan pengaruh kebudayaan pada peradaban.

Salah satu ciri Khas dari Civilization adalah mengadaptasikan masa lampau. Sebagai sebuah kerajaan yang pernah menorehkan kejayaan, tak heran jika Indonesia, khususnya Majapahit menjadi sorotan.

Sebagai unit di Civilization VI, Indonesia akan punya keunggulan di sektor kelautan dengan unit yang akan berfungsi efektif di sana. Dalam teaser berdurasi kurang lebih dua menit itu, Indonesia digambarkan tampil lebih solid dalam pertempuran di wilayah kepulauan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.