Kompas.com - 20/10/2017, 15:33 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com- Tekad Uber untuk menggantikan armada manusianya dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence, AI) tampaknya sudah makin serius. Perusahaan asal AS itu sampai membangun kota replika untuk pengembangan mobil tanpa sopir tersebut.

Untuk mencapai ambisinya, Uber membangun sebuah kota buatan seluas 42 hektar di Pennsylvania, AS. Kota buatan tersebut dinamakan Almono.

Almono dibangun dengan tata kota hampir mirip dengan kondisi kota wilayah AS. Kota ini dilengkapi dengan pembatas jalan, lampu lalu lintas, persimpangan rumit, dan mobil yang berlalu lalang.
 
Tidak hanya itu, Almono juga melengkapi kotanya dengan maneken sebagai pengganti orang yang berlalu lalang. Adanya maneken ini bertujuan untu menguji refleks mobil tanpa awak Uber terhadap perilaku pengguna jalan yang tidak menentu, seperti menyebrang secara tiba-tiba.

Baca Juga: Aplikasi Uber Diam-diam Rekam Aktivitas Layar iPhone

Tahun 2016 silam, Uber pernah meluncurkan mobil tanpa awak sebagai armadanya di Pittsburg. Namun, hal tersebut tidak berjalan dengan lancar.

Mobil tanpa awak Uber saat itu dilaporkan mengalami kecelakaan parah. Meskipun tidak ada korban jiwa pada saat kejadian, Uber langsung menghentikan programnya untuk ditinjau ulang.   

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber bgr
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.