Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG dan Qualcomm Kembangkan Teknologi Mobil Tanpa Sopir

Kompas.com - 22/10/2017, 14:07 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com - Deretan perusahaan yang mengembangkan teknologi mobil tanpa sopir (swa-kemudi) bertambah banyak dengan masuknya LG dan Qualcomm ke dalam daftar. Kedua pihak pekan ini mengumumkan kerjasamanya di Seoul, Korea Selatan.

Kemitraan LG dan Qualcomm dalam teknologi mobil otonomos akan dimulai dengan dibukanya pusat penelitian dan pengembangan bersama di Seoul.

Guna mencapai tujuann, dua raksasa teknologi tersebut akan berkonsentrasi pada pengembangkan teknologi selular generasi ke-5 (5G)  dan Cellular Vehicle-to-Everything (C-V2X) untuk kendaraan.

Kecepatan transfer data jaringan 5G 5 kali lebih tinggi dibandingkan LTE, dengan latency yang 10 kali lebih rendah sehingga ideal digunakan untuk mobil swa-kemudi.

"LG berencana memimpin pasaran komponen mobil masa depan dengan menggabungkan pengalaman kami di bidang teknologi komunikasi otomotif dan solusi lanjutan untuk koneksi LTE ke 5G dari Qualcomm," sebut Executive Vice President Vehicle Components Smart Business Unit LG, Kim Jin-yong, dalam sebuah siaran pers.

Tidak hanya sampai disitu, dikutip KompasTekno dari Washington Post, Minggu (22/10/2017), LG dan Qualcomm juga akan meneliti teknologi nirkabel lain yang dibutuhkan untuk aspek keamanan dari mobil yang terhubung ke internet.

"Kami optimis bahwa gabungan kekuatan riset Qualcomm dan LG akan menghasilkan keuntungan yang tidak bisa dicapai apabila bekerja sendiri" tambah Jin-yong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com