Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S9 Bakal Lebih Bertenaga dari iPhone X?

Kompas.com - 22/10/2017, 16:09 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S9 dikabarkan bakal mengandalkan prosesor baru dengan kinerja jauh lebih tinggi dari yang tersemat pada smartphone Android di pasaran saat ini. Namun, apakah performanya juga lebih mumpuni dibandingkan prosesor A11 Bionic 10nm yang tersemat pada iPhone X?

Samsung sendiri belum banyak mengumbar informasi soal Galaxy S9. Namun pabrikan Korea Selatan tersebut mengatakan siap memproduksi chip dengan teknologi pemrosesan 8nm.

“Kualifikasi telah rampung tiga bulan lebih cepat dari jadwal dan kami siap menerima pesanan untuk teknologi proses FinFET 8 nanometer (nm), 8LPP (Low Power Plus),” begitu tertera pada situs resmi Newsroom Samsung.

Diduga kuat chipset 8nm tersebut akan pertama kali dipasang pada Galaxy S9. Ada juga laporan yang menyebut Snapdragon 845 akan eksklusif hadir di Galaxy S9 sebagai debutnya.

Qualcomm, sang pembuat Snapdragon, adalah rekanan lama yang memproduksi chip di fasilitas pabrik Samsung.

Belum jelas apakah Snapdragon 845 akan diproses menggunakan teknologi 8nm atau tidak. Yang jelas, teknologi 8LPP merupakan peningkatan dari pemrosesan 10nm sebelumnya.

Chip 8nm menyediakan performa dan skalabilitas yang lebih baik ketimbang chip berbasis pemrosesan 10nm,” kata Senior VP Qualcomm, RK Chunduru, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (22/10/2017), dari BGR.

Lebih jelas, chip 8nm diharapkan lebih hemat daya 10 persen ketimbang chipset 10nm. Peningkatan kecepatan belum bisa diprediksi karena masih terlalu awal untuk membicarakan benchmark.

Saat ini iPhone X dinobatkan sebagai ponsel dengan performa paling tinggi oleh para pembuat aplikasi benchmark pengukur kinerja, bahkan mengalahkan ponsel-ponsel premium Android.

Soal Galaxy S9 bakal menggesernya atau tidak, belum ada yang bisa memastikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com