Seisi Kota Singapura Bakal Dibikin Virtual 3D, Gunanya?

Kompas.com - 23/10/2017, 06:29 WIB
Ilustrasi smart city. Property-ReportIlustrasi smart city.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Singapura berencana merekonstruksi kotanya dalam bentuk virtual 3 dimensi (3D). Ide ini bertujuan untuk mengolaborasikan data platform yang nantinya memudahkan para peneliti, pembuat kebijakan, dan masyarakat sipil biasa untuk mengadakan brainstorming secara virtual, sehingga dapat memecahkan permasalahan secara bersama-sama.

Proyek ini dimotori oleh perusahaan multinasional yang memproduksi perangkat lunak asal Perancis, Dassault Systémes. Perusahaan ini menggunakan platform bernama 3DEXPERIENCE untuk mengendalikan kedinamisan kota dan skema cairan.

Yayasan Penelitian Nasional Singapura (NRF) memimpin proyek virtualisasi 3D ini dengan persetujuan dari otoritas tata kota Singapura dan otoritas pengembangan komunikasi Singapura.

"Proyek ini akan dimulai dengan pembentukan kota secara digital", jelas Wakil Presiden proyek 3DEXPERIENCE, Ingeborg Rocker, dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Senin (23/10/2017).

"Kami menyadari bahwa ada kesenjangan antara alat-alat yang sudah tersedia secara klasik untuk perancangan kota dan alat yang kami miliki untuk wilayah lainnya," imbuh Rocker.

Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa yang mampu dilakukan adalah dengan memanfaatkan software Dassault Systémes untuk menganalisis ketimpangan antara kemampuan kota dan kebutuhan kota. Hal ini dibutuhkan sebagai patokan untuk memikirkan transformasi digitalisasi kota.

Baca: Gerakan Menuju 100 Smart City Diawali dari Makassar

Kota yang didigitalisasi tadi diintegrasikan dengan solusi smart city yang memiliki beragam aplikasi, seperti menangkap gambar trotoar perkotaan untuk visualisasi jalur evakuasi jika terjadi hal-hal yang berbahaya.

Direktur NRF, George Loh mengatakan bahwa visualisasi kota Singapura meliputi data demografi seperti daerah dengan populasi lansia, daerah bisnis, pusat perbelanjaan serta restoran, dan juga jadwal transportasi umum.

"Masyarakat akan memiiki akses untuk seluruh informasi dan bagaimana memanfaatkannya. Mereka dapat memgakses data yang terbatas dan mereka juga dapat menggunakan platform tersebut untuk membuat hidup mereka lebih mudah", ujar Loh.

Selain menargetkan masyarakat sipil sebagai pengguna, mereka juga menargetkan sektor bisnis untuk memanfaatkan platform ini. Mereka berharap para peneliti pun bisa lebih mengembangkan ide ini untuk menciptakan pelayanan dan teknologi baru.

Negara percobaan yang sempurna

Presiden sekaligus CEO Dassault Systémes, Bernard Charlés mengatakan bahwa Singapura adalah negara yang sempurna untuk uji coba teknologi 3DEXPERIENCE.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X