Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Banyak yang Tahu, Facebook Punya "Timeline" Kedua

Kompas.com - 23/10/2017, 07:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Setelah sempat menguji coba selama beberapa waktu, Facebook pekan lalu telah mulai menggulirkan timeline baru bernama “Explore” untuk para penggunanya di seluruh dunia. Fitur ini belum banyak yang mengetahui, karena tersembunyi di bagian Menu.

Timeline Explore berbentuk mirip News Feed utama. Hanya saja, alih-alih menayangkan posting dari akun yang sudah berteman atau diikuti oleh pengguna, timeline Explore menyajikan konten dari Facebook Pages, penerbit, atau media berita yang belum di-follow, tapi diperkirakan sesuai dengan minat si pengguna.

Bentuk konten yang muncul di timeline Explore bisa berupa artikel maupun posting foto atau video. Tujuan dari kehadiran Explore adalah untuk mendorong pengguna Facebook untuk mengakses lebih banyak konten yang tersebar di raksasa jejaring sosial tersebut.


Konten posting di Explore tak asal disajikan, tapi diseleksi berdasarkan analisa khusus atas laman-laman lain yang disukai (memperoleh “Like”) pengguna, juga yang populer di lingkaran kawan-kawan sang pengguna bersangkutan.

Baca: Begini Cara Diet Petinggi Facebook

“Kami telah mulai menggulirkan feed kedua berisi artikel, video, dan foto populer yang otomatis disesuaikan dengan tiap pengguna berdasarkan ketertarikan,” sebut seorang juru bicara Faebook, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Senin (23/10/2017).

“Kami dengar orang-orang menginginkan cara mudah untuk mengeksplorasi konten yang relevan dari Pages yang belum mereka ikuti,” lanjut sang juru bicara.

Melalui Explore, Facebook disinyalir ingin meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di aplikasi atau situsnya, sehingga Facebook bisa menayangkan lebih banyak iklan ke depan pengguna.

Namun, sejauh ini, nampaknya belum banyak yang mengetahui fitur timeline kedua Facebook ini. Timeline Explore bisa dijumpai di tab Explore yang bisa ditemukan di sidebar kiri versi desktop atau menu “More” di aplikasi mobile. Pantauan KompasTekno, belum banyak iklan yang ditampilkan Facebook di timeline Explore ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com