Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 10 Kini Punya Penangkal Gamer Curang

Kompas.com - 23/10/2017, 14:10 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Lawan main yang curang dengan menggunakan cheat memang menyebalkan dan bisa sangat mengganggu keasyikan bermain game. Developer game pun selama ini terus menerus berupaya memerangi para cheater di game masing-masing.

Microsoft selaku pemilik sistem operasi Windows pun rupanya ingin ikut serta. Dalam update Windows 10 Fall Creators Udpate yang dirilis pekan lalu, raksasa software tersebut menyisipkan fitur anti-gamer curang, TruePlay.

Cara kerja TruePlay mirip dengan sistem anti-curang yang diterapkan oleh Valve, developer sejumlah game terkenal. Dalam sebuah posting blog, Microsoft menjelaskan bahwa game yang mendukung TruePlay akan dijalankan dalam protected mode untuk menangkis upaya curang.

Sebuah service Windows akan berjalan di layar belakang untuk memonitor manipulasi dan tindak-tanduk yang umum digunakan untuk curang. Apabila menemukan sesuatu yang mencurigakan, data akan dikirim ke developer game yang bersangkutan.

Baca juga : Cara Google Cegah Rating dan Review Curang di Play Store

"Untuk melindungi privasi sekaligus mencegah salah tuding, data ini hanya dikirim ke developer setelah benar-benar dipastikan bahwa ada upaya untuk curang," tulis Microsoft, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Senin (23/10/2017).

TrueSwitch bisa dimatikan apabila dikehendaki oleh pengguna. Namun, developer game bisa membatasi apa yang bisa dilakukan oleh gamer apabila mematikan fitur anti-curang ini, misalnya ketika bermain online melawan gamer lain. Bentuk "hukuman" untuk cheater atau gamer yang tak mau mengaktifkan TrueSwitch diserahkan ke masing-masing developer.

Fitur TrueSwitch hanya bisa digunakan dengan game yang dimainkan via Universal Windows Platform (UWP) sehingga efektivitasnya mungkin terbatas. Tak seperti fitur anti-cheat besutan Steam yang bisa ditemukan di lebih banyak game lantaran developernya, Valve, termasuk dominan di industri.

Namun, tetap saja upaya Microsoft melalui TruePlay berpotensi menambal satu celah sehingga mengurangi ruang gerak cheater.

Baca juga : Update Windows 10 Creators Fall Sudah Bisa Diunduh, Apa yang Baru?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com