Menang Frekuensi 2.300 MHz, Telkomsel Janji Streaming Video Bebas "Lag"

Kompas.com - 23/10/2017, 16:20 WIB
Kiri-kanan: Dirut Telkomsel, Ririek Adrianysah bersama Director of Planning and Transformation Telkomsel, Edward Ying menunjukkan SK Menkominfo soal penetapan Telkomsel sebagai pemenang lelang frekuensi 2.300 MHz di kantor Telkomsel di Jakarta, Senin (23/10/2017).
Oik Yusuf/KOMPAS.comKiri-kanan: Dirut Telkomsel, Ririek Adrianysah bersama Director of Planning and Transformation Telkomsel, Edward Ying menunjukkan SK Menkominfo soal penetapan Telkomsel sebagai pemenang lelang frekuensi 2.300 MHz di kantor Telkomsel di Jakarta, Senin (23/10/2017).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel telah menerima surat keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Nomor 1896 tahun 2017, yang menetapkan operator seluler tersebut sebagai pemenang seleksi pengguna atau lelang pita frekuensi 2.300 MHz (2,3 GHz) untuk jaringan bergerak seluler.

Tambahan spektrum 30 MHz di frekuensi 2.300 MHz itu rencananya akan dipakai Telkomsel untuk meningkatkan kualitas layanan jaringan 4G LTE, khususnya dalam hal konsumsi konten yang membutuhkan transfer data cepat seperti video streaming.

Dengan tambahan spektrum ini, Telkomsel menjanjikan streaming video di jaringannya yang bebas lag. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam konferensi pers yang digelar di kantor Telkomsel di Jakarta, Senin (23/10/2017).

"Untuk video memang haus bandwith. Kami berharap tambahan di frekuensi 2.300 MHz ini bisa meningkatkan kualitas, termasuk untuk video," ujar Ririek ketika ditemui KompasTekno usai acara.

Berapa peningkatannya?

Berapa peningkatan kecepatan yang bisa diperoleh dengan mengaplikasikan spektrum baru di frekuensi 2.300 MHz? Director of Planning and Transformation Telkomsel Edward Ying memberi sedikit ilustrasi.

"Sekarang itu rata-rata kecepatan transfer saat menonton video itu misalnya berkisar di 6 Mbps. Dengan tambahan spektrum di 2.300 MHz, kecepatannya bisa berlipat dua. Jadi pelanggan akan lebih menikmati video. Tidak ada lagi buffering (lag)," kata Edward.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aplikasi Hooq di Android.Oik Yusuf/KOMPAS.com Aplikasi Hooq di Android.

Dengan demikian, Telkomsel berharap konsumsi video dan konten ber-bandwidth besar lain oleh pelanggan 4G di jaringannya akan meningkat, sehingga pada akhirnya akan ikut mendongkrak angka pemakaian data.

Saat ini, lanjut Edward, konsumsi data internet menyumbang sekitar 35 persen dari pemasukan Telkomsel. "Kami ingin menaikkan proporsi itu hingga jauh lebih besar di masa mendatang," imbuhnya tanpa merinci berapa besar peningkatan yang diharapkan.

Komposisi spektrum Telkomsel

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.