Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Berhenti Jualan iPhone 7 256 GB

Kompas.com - 23/10/2017, 18:17 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Bulan lalu, bersamaan dengan peluncuran iPhone 8 dan iPhone X, Apple diam-diam melakukan sejumlah perubahan di seri iPhone. Apple ternyata menghapus satu varian iPhone 7 dari daftar penjualan.

Varian yang sudah dihentikan penjualannya adalah iPhone 7 berkapasitas 256 GB. Media penyimpanan tersebut merupakan pilihan kapasitas terbesar yang ada di iPhone saat ini.

Jika ingin membeli iPhone baru dengan kapasitas 256 GB, mau tidak mau konsumen harus memilih iPhone 8 atau iPhone 8 Plus. Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Mashable, Senin (23/10/2017), keputusan ini diambil karena iPhone 8 versi 256 GB lebih mahal dari iPhone 7 versi 256 GB, berarti keuntungan yang diraih Apple lebih besar.

Kepastian mengenai perubahan lini produk tersebut terlihat dari arsip situs Apple yang disimpan dalam Wayback Machine. Selain itu, tim layanan pelanggan Apple juga mengonfirmasi bahwa perusahaan sudah berhenti memproduksi iPhone 7 edisi 256 GB.

Baca juga : Penjualan iPhone 8 Lesu, Saham Apple Turun

Bagi konsumen, perubahan lini produk seperti ini mungkin seolah tidak berarti. Padahal, jika menilik dari sisi Apple, perubahan kecil merupakan titik penentu penjualan.

Dengan melakukan perubahan pada lini produk yang dijual, Apple malah jadi bisa mendorong penjualan untuk produk lainnya. Dalam hal ini, yang bisa didorong adalah iPhone 8 atau iPhone 8 Plus edisi 256 GB yang harga jualnya masih tinggi.

Kapasitas penyimpanan tersebut sangat penting bagi pengguna. Misalnya, pengguna yang suka menyimpan berbagai foto, film, dan data di dalam satu iPhone agar bisa cepat mengaksesnya.

Dengan menghapus pilihan iPhone 7 256 GB, calon pengguna yang membutuhkan memori besar akan otomatis melirik pada iPhone 8 atau iPhone X yang memiliki penyimpanan besar dan fleksibel dipakai sesuai kebutuhan.

Harga iPhone 8 dan iPhone 8 Plus edisi 256 GB adalah 849 dollar AS atau Rp 11,2 juta dan 949 dollar AS atau Rp 12,5 juta. Sedangkan harga iPhone X 256 GB adalah 1.149 dollar AS atau Rp 15,1 juta.

Baca juga : iPhone 8 dan iPhone X Segera Dijual Resmi di Indonesia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com