Telkomsel: Rp 1 Triliun untuk Frekuensi 2,3 GHz Masih Murah

Kompas.com - 24/10/2017, 07:50 WIB
Menara base transceiver station (BTS) ShutterstockMenara base transceiver station (BTS)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Dengan ditetapkannya Telkomsel sebagai pemenang seleksi pengguna atau lelang frekuensi 2,3 GHz (2.300 MHz) dengan harga penawaran Rp 1,007 triliun, operator seluler tersebut resmi mendapatkan spektrum tambahan selebar 30 MHz di frekuensi itu.

Kendati harganya terkesan tinggi, namun pihak Telkomsel berpendapat harga Rp 1 triliun masih wajar dan jauh lebih rendah dibandingkan apa yang dibayarkan oleh operator selulaar di negara berkembang lain.

Direktur Planning and Transformation Telkomsel, Edward Ying mecontohkan operator di India yang mesti membayar empat kali lebih mahal dengan hitungan 0,34 dollar AS per MHz per populasi.

“Sementara, Telkomsel di Indonesia membayar 0,08 dollar AS per MHz per populasi,” jelas Ying ketika berbicara dalam konferensi pers yang digelar Telkomsel pasca penetapan sebagai pemenang lelang frekuensi 2,3 GHz di Jakarta, Senin (23/10/2017).

Baca : Menang Frekuensi 2.300 MHz, Telkomsel Janji Streaming Video Bebas Lag

Belum lagi jika dibandingkan dengan negara-negara maju, seperti Korea Selatan, Singapura, Australia, atau Hong Kong yang bisa lima kali lipat lebih tinggi dibandingkan Indonesia.

Komposisi alokasi frekuensi yang dimiliki Telkomsel kini menjadi sebagai berikut: frekuensi 2,3 GHz dengan lebar pita 30 MHz, frekuensi 2,1 GHz dengan lebar pita 15 MHz, frekuensi 1,8 GHz dengan lebar pita 22,5 MHz, frekuensi 900 MHz dengan lebar pita 7,5 MHz, dan frekuensi 800 MHz dengan lebar pita 7,5 MHz.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak mengganggu kinerja keuangan

Angka Rp 1 triliun tadi masih belum termasuk biaya-biaya lain seperti up front fee dan spectrum fee. Total kocek yang mesti dirogoh Telkomsel bisa mencapai lebih dari Rp 3 triliun.

Meski begitu, Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan hal tersebut tak akan mengganggu kinerja keuangan perusahaan di tahun 2017, karena sudah diantisipasi dan dianggarkan sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.