Cara Baru Akses Asisten Android dengan "Hey Google"

Kompas.com - 24/10/2017, 09:30 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Selama ini, satu-satunya cara untuk mengaktifkan Google Assistant adalah dengan mengucapkan "OK Google" ke perangkat Android. Sekarang, ada cara baru untuk membangunkan asisten virtual tersebut.

Google menambahkan perintah "Hey Google" untuk mengaktifkan Google Assistant di smartphone Android. Update ini mulai disebar bagi pengguna smartphone Android di AS.

Memang nampaknya hanya beda satu kata, namun jika ditelisik, antara "Hey Google" dan "OK Google" berbeda pada jumlah suku katanya. "Hey Google" memiliki jumlah suku kata yang lebih sedikit (tiga suku kata) dibandingkan "OK Google" yang memiliki empat suku kata.

Artinya, untuk memberikan perintah ke Google Assistant "Hey Google" akan lebih cepat memprosesnya karena hanya memiliki tiga suku kata, demikian dikutip KompasTekno dari Phone Arena pada Selasa (23/10/2017).

Baca: Kini Bisa Kirim Pesan WhatsApp Pakai OK Google

"Hey Google" juga bisa mengaktifkan dan menon-aktifkan aplikasi dan beberapa konfigurasi seperti WiFi, Bluetooth, lokasi, mode penerbangan, atau senter pada smartphone. 

Beberapa perintah juga akan tetap bisa dilakukan saat keadaan offlineseperti memainkan musik, menambahkan agenda di kalender, melakukan panggilan, mengirim pesan singkat, mengatur alarm dan tingkat kecerahan layar serta mengatur volume.

Ketika tidak sempat mengetik pada keyboard smartphone, si 'asisten virtual' juga bisa mengetik sekaligus mengirimkan pesan Whatsapp.

Update Google Assistant dengan perintah "Hey Google" bakal dirilis Play Store secara bertahap. Untuk memperbarui, periksa Play Store di perangkat masing-masing di bagian Updates.

Baca: OK Google Ditendang dari Chrome

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.