Huawei Diprediksi Salip Apple Tahun Depan

Kompas.com - 26/10/2017, 12:45 WIB
Smartphone Android Huawei P8 dilengkapi dengan kamera utama 13 MP. Wicak Hidayat/Kompas.comSmartphone Android Huawei P8 dilengkapi dengan kamera utama 13 MP.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - International Data Corporation (IDC) memprediksi vendor smartphone China, Huawei akan mengambil alih pangsa pasar Apple di pasar smartphone dunia tahun depan, dalam hal pengiriman (shipment). Ini bukan pertama kalinya Huawei menjadi favorit dalam prediksi.

Sebuah laporan dari industri Taiwan baru-baru ini juga mengunggulkan Huawei untuk mengalahkan Apple sebagai pemimpin pangsa pasar smartphone global, dengan total pengiriman paling laris di dunia.

Jarak antara Apple dan Huawei sangat tipis di kuartal II 2017. IDC mencatatkan total pengiriman secara global sebesar 38,5 juta unit atau 11.3 persen pangsa pasar.Sedangkan Apple tercatat 41 juta unit atau 12 persen pangsa pasar global di kuartal yang sama. Artinya hanya terpaut 2,5 juta unit dari Huawei.

Menurut IDC, chipset AI Huawei yang terdapat pada smartphone Mate 10, Mate 10 Pro dan Mate Porsche Design dapat membantu mendorong penjualan smartphone Huawei, dan mengalahkan penjualan iPhone.

Baca juga: Lewat Iklan, Huawei Sindir iPhone X

Chipset A11 milik Apple memang dilengkapi dengan chip AI khusus, namun Huawei dengan percaya diri mengklaim memiliki chipset yang lebih baik dengan chipset Kirin 970 yang dilengkapi dengan Neural Processing Unit.

Dalam wawancaranya di sebuah TV, dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Kamis (26/10/2017), direktur peneliti untuk perangkat mobile Eropa, Fransisco Jeronimo mengatakan bahwa Huawei saat ini merupakan tantangan terbesar Apple dan Samsung yang akan berkembang dengan cepat.

Jeronimo meyakini bahwa Huawei akan mengambil alih pangsa pasar Apple di sektor smartphone pada tahun ini atau tahun depan.

Berbeda pendapat dengan IDC, beberapa analis mengatakan bahwa peningkatan Huawei hanya bersifat sementara. Penjualan Huawai akan menurun seiring diluncurkannya iPhone 8 dan iPhone X pada bulan November 2017.

Namun, IDC meyakinkan bahwa peningkatan penjualan gadget elektronik di China akan berkembang secar besar dan bersifat permanen.

Baca juga: Salip Apple, Huawei Duduki Peringkat Kedua Dunia

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X