Mengapa Makin Lama Dipakai, Gadget Makin Lemot?

Kompas.com - 26/10/2017, 14:14 WIB
Ilustrasi komputer jinjing atau laptopShutterstock Ilustrasi komputer jinjing atau laptop

KOMPAS.com- Semakin lama usia perangkat, performanya biasanya ikut menurun. Hal ini berlaku untuk perangkat manapun, entah gadget smartphone maupun PC desktp/laptop.

Meski demikian, beberapa gadget masih bisa di upgrade untuk tetap menjaga perfoma agar bisa bekerja lebih baik.

Baru-baru ini, Robert Merkel, Ahli Komputer dari Monash University dikutip KompasTekno dari Scenece Alert, Kamis (26/10/2017), memaparkan 3 penyebab utama turunnya performa gadget setelah digunakan dalam waktu lama.

Memori yang overload

Setiap kali melakukan pembaharuan, ukuran sebuah aplikasi biasanya akan jadi lebih besar. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya informasi dan fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Meskipun pembaruan pada aplikasi tersebut diklaim dapat meningkatkan performa, namun tidak akan terjadi tanpa disertai dengan cadangan ruang penyimpanan yang cukup.

Setiap perangkat memiliki jumlah memori utama (RAM) yang terbatas. Ketika kapasitas RAM berkurang dan menipis, data akan dialihkan ke ruang penyimpanan lain, sehingga proses pengolahan informasinya memakan waktu yang lebih lama.

Pada perangkat PC, kondisi ini disebut dengan "trashing". Biasanya kondisi ini ditandai dengan terdengarnya bunyi berisik pada pelat hard-disk.

Baca: Ransomware Petya, Virus Komputer Baru yang Luluh Lantakkan Kegiatan Bisnis di Dunia

Cache yang berlebih

Cache adalah memori berukuran kecil yang sifatnya sementara. Walaupun ukuran filenya sangat kecil, namun kecepatan baca/tulisnya tinggi.

Dalam terminologi hardware, istilah ini biasanya merujuk pada memori berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antar-prosesor dengan RAM yang biasanya memiliki kecepatan lebih rendah.

Namun, terkadang aktivitas cahce ini menganggu performa perangkat. Semakin tinggi aktivitas pengguna dengan gadget, semakin banyak pula cache memenuhi RAM. Oleh sebab itu, pengelolaan cache secara tepat perlu dilakukan.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorReska K. Nistanto
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X