Kompas.com - 27/10/2017, 13:40 WIB
Kamera Google Pixel 2 GoogleKamera Google Pixel 2
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Selain System-on-Chip utama Snapdragon 835, smartphone Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL dibekali prosesor (co-processor) tambahan bernama Pixel Visual Core untuk mengakselerasi efek HDR+ saat mengambil foto.

Dengan Pixel Visual Core, kedua ponsel bisa meningkatkan kecepatan olah HDR+ sekaligus menghemat baterai dibanding jika tugas tersebut dibebankan ke prosesor utama.

Belakangan terungkap bahwa ada andil Intel di balik Pixel Visual Core yang merupakan chip pertama bikinan Google. Raksasa chip bermoto "Intel Inside" itu membantu Google dalam pengembangan Pixel Visual Core.

Hal ini pertama kali diketahui setelah situs iFixit membongkar Pixel 2 XL untuk melihat jeroannya. Ditemukan bahwa chip Pixel Visual Core di perut smartphone yang bersangkutan ternyata memiliki kode serial yang dimulai dengan "SR3", seperti yang umum ditemukan di chip buatan Intel.

Baca juga : Debut Google Pixel 2 Diwarnai Masalah

Belakangan, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Kamis (26/10/2017), seorang juru bicara Intel mengakui keterlibatan pihaknya dalam pengembangan chip melalui e-mail ke CNBC.

Menurut sang juru bicara, Google memilih bekerja sama dengan Intel untuk mengembangkan chip baru lantaran merasa tak ada chip yang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan Google untuk Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pixel Visual Core sendiri saat ini masih non-aktif di dalam Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Chip pengolah foto ini baru akan diaktifkan saat kedua ponsel menerima update Android 8.1 dari Google.

Ironisnya, Intel sendiri tahun lalu memutuskan keluar dari bisnis chip smartphone dan tablet, meski beberapa perangkat mobile saat ini masih menggunakan chip atau modem Intel.

Selain soal chip custom-made, Google juga bekerja sama dengan Intel dalam pengembangan teknologi AI untuk mobil swa-kemudi. Waymo, perusahaan spin-off Google yang sama-sama bernaung di bawah Alphabet, diketahui memakai chip Intel sejak bertahun-tahun lalu.

Baca juga : Pixel 2 Dikritik Tak Punya Colokan Earphone, Apa Kata Google?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.