Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Rilis Fitur Hapus Pesan Terkirim

Kompas.com - 29/10/2017, 10:30 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber whatsapp

KOMPAS.com - Sejak 2016 WhatsApp mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna menarik kembali pesan yang terlanjur dikirim ke teman chat, baik pada ruang personal maupun grup percakapan. Fitur bertajuk “deleting messages for everyone” ini sudah lama dinanti-nanti, dan kini mulai dirilis untuk sebagian pengguna.

“Fitur ini berguna ketika Anda mengirim pesan ke orang yang salah atau ketika isi pesan itu sendiri salah,” begitu tertera pada frequently ask question di situs resmi WhatsApp, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (29/10/2017).

Ketika Anda menghapus pesan yang terlanjur dikirim, sang penerima tak bakal melihat pesan tersebut. Namun penerima akan diberi pemberitahuan berbunyi “this message was deleted” atau “pesan ini telah dihapus”.

Perlu dicatat, pesan hanya bisa ditarik kembali dalam kurun waktu maksimal tujuh menit pasca pesan dikirim. Fitur ini disediakan untuk pengguna WhatsApp di platform Android, iOS, hingga Windows Phone.

Baca: Ini Sebab Zimbabwe Punya Menteri WhatsApp

Lantas, bagaimana cara menjajalnya? Pertama-tama buka aplikasi WhatsApp, lalu tekan lama pesan yang ingin Anda tarik kembali. Pesan itu bisa tunggal maupun banyak sekaligus.

Pilih opsi “delete” alias “hapus” melalui ikon tong sampah pada WhatsApp. WhatsApp akan memberikan pilihan untuk “delete for everyone” (hapus untuk semua orang) atau “delete for me” (hapus untuk saya).

Ketika memilih “delete for everyone”, WhatsApp akan menarik pesan yang terlanjur Anda kirim sehingga tak perlu dibaca sang penerima. Jika penerima terlanjur membaca, setidaknya ia tak bisa menyimpan pesan tersebut, karena akan terhapus pada chat history.

Anda bisa mengecek apakah menjadi salah satu pengguna WhatsApp beruntung yang sudah menerima fitur ini atau belum. Caranya, update aplikasi di Google Play Store, Apple App Store, atau Windows Store.

Jika update belum tersedia, artinya Anda belum bisa menjajalnya. Jika sudah update dan belum juga bisa memanfaatkan fitur ini, artinya Anda harus bersabar hingga beberapa waktu mendatang.

Baca juga : Begini Cara Memakai Fitur Pelacak Teman di WhatsApp

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber whatsapp

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com