Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2017, 06:51 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Seorang YouTuber bernama Amelia Peterson mengunggah video hands-on iPhone X pada awal pekan ini. Video itu menjadi viral, padahal iPhone X sendiri baru bisa dipesan alias pre-order di beberapa negara pada Jumat (27/10/2017) lalu.

Amelia Peterson bisa menjajal iPhone X lebih dulu karena ia adalah anak dari salah satu engineer Apple. Video hands-on yang ia unggah pun direkam di Apple Campus ketika sedang mengunjungi sang ayah.

Apple dikatakan segera mengambil tindakan tegas dengan memecat engineer-nya. Amelia Peterson sendiri yang mengumbar hal ini.

Amelia Peterson mengatakan Apple memecat ayahnya karena mengizinkan dia merekam video produk yang belum beredar di pasaran. Apple juga disebut-sebut meminta video itu ditarik, namun agaknya terlambat karena sudah beredar di mana-mana.

Baca juga : iPhone X Ludes Dipesan

Pada video hands-on berdurasi sekitar 4,5 menit, Amelia Peterson juga memperlihatkan kode QR khusus karyawan ketika menggenggam iPhone X. Padahal, informasi tersebut sejatinya merupakan rahasia internal yang tak boleh diketahui orang luar.

Merekam ruang-ruang tertentu di Apple Campus pun sebenarnya sudah terhitung pelanggaran. Hingga kini belum jelas apakah Apple hanya memecat sang engineer atau bakal menuntut lewat jalur hukum.

Engineer yang belum diumbar namanya tersebut sudah bekerja di Apple selama empat tahun. Ia turut mengembangkan desain sirkuit dan radio frequency untuk lini-lini iPhone yang dirilis empat tahun terakhir, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (30/10/2017), dari The Verge.

Kasus seperti ini sejatinya bukan yang pertama kali terjadi. Beberapa saat lalu seorang pegawai Microsoft juga dipecat karena anaknya mengunggah foto Xbox 360 sebelum dirilis.

Baca juga : Di Luar Kebiasaan, Pendiri Apple Enggan Antre iPhone X

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.