Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Reparasi iPhone X sampai Rp 7,5 Juta

Kompas.com - 30/10/2017, 08:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple memulai pre-order untuk iPhone X pada akhir pekan lalu. Bersama dengan itu, pabrikan berlambang buah apel tergigit tersebut turut mengumumkan harga perbaikan di luar garansi untuk iPhone X.

Seperti banderol iPhone X yang terbilang mahal, yaitu 999 dollar AS (Rp 13,5 juta), biaya perbaikannya pun tinggi. Harga perbaikan layar iPhone, misalnya, dipatok di angka 279 dollar AS atau sekitar Rp 3,8 juta.

Angka itu jauh lebih tinggi dibanding biaya perbaikan layar iPhone 8 yang sebesar 169 dollar AS (Rp 2,3 juta), serta dua kali lebih tinggi dibandingkan iPhone 6 (129 dollar AS atau setara Rp 1,8 juta).

Komponen layar bezel less memang merupakan salah satu keunikan serta fitur andalan iPhone X. Panel display OLED milik iPhone X dibuat oleh Samsung dan kemungkinan dipasok dalam jumlah terbatas.

Baca juga : iPhone X Ludes Dipesan

Itu baru soal layar, bagaimana dengan kerusakan lain yang tak tercakup garansi, seperti water damage (rusak karena air)? Apple mengutip tarif “flat” sebesar 549 dollar AS (Rp 7,5 juta) untuk semua iPhone X, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (30/10/2017).

Biaya reparasi untuk kerusakan lain-lain di iPhone X Ini pun jauh lebih tinggi dibandingkan model-model sebelumnya seperti iPhone 8 Plus (399 dollar AS), iPhone 7 (319 dollar AS), dan iPhone 6 (299 dollar AS).

Biaya-biaya di atas berlaku untuk perbaikan yang ditangani langsung oleh Apple dan berada di luar masa garansi selama 1 tahun. Garansi Apple tidak berlaku untuk kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan pengguna, seperti misalnya karena terjatuh.

Apple menyediakan garansi Apple Care+ seharga 199 dollar untuk iPhone X di Amerika Serikat yang memperpanjang masa garansi selama dua tahun dan bisa mengurangi biaya perbaikan. Selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Baca juga : Apple Genjot Produksi iPhone X, Kualitas Diturunkan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com