Biaya Reparasi iPhone X sampai Rp 7,5 Juta

Kompas.com - 30/10/2017, 08:48 WIB
iPhone X memiliki desain layar nyaris tanpa bezel, sejumlah kamera, speaker dan sensor disematkan di tepi atasnya AppleiPhone X memiliki desain layar nyaris tanpa bezel, sejumlah kamera, speaker dan sensor disematkan di tepi atasnya
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple memulai pre-order untuk iPhone X pada akhir pekan lalu. Bersama dengan itu, pabrikan berlambang buah apel tergigit tersebut turut mengumumkan harga perbaikan di luar garansi untuk iPhone X.

Seperti banderol iPhone X yang terbilang mahal, yaitu 999 dollar AS (Rp 13,5 juta), biaya perbaikannya pun tinggi. Harga perbaikan layar iPhone, misalnya, dipatok di angka 279 dollar AS atau sekitar Rp 3,8 juta.

Angka itu jauh lebih tinggi dibanding biaya perbaikan layar iPhone 8 yang sebesar 169 dollar AS (Rp 2,3 juta), serta dua kali lebih tinggi dibandingkan iPhone 6 (129 dollar AS atau setara Rp 1,8 juta).

Komponen layar bezel less memang merupakan salah satu keunikan serta fitur andalan iPhone X. Panel display OLED milik iPhone X dibuat oleh Samsung dan kemungkinan dipasok dalam jumlah terbatas.

Baca juga : iPhone X Ludes Dipesan

Itu baru soal layar, bagaimana dengan kerusakan lain yang tak tercakup garansi, seperti water damage (rusak karena air)? Apple mengutip tarif “flat” sebesar 549 dollar AS (Rp 7,5 juta) untuk semua iPhone X, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (30/10/2017).

Biaya reparasi untuk kerusakan lain-lain di iPhone X Ini pun jauh lebih tinggi dibandingkan model-model sebelumnya seperti iPhone 8 Plus (399 dollar AS), iPhone 7 (319 dollar AS), dan iPhone 6 (299 dollar AS).

Biaya-biaya di atas berlaku untuk perbaikan yang ditangani langsung oleh Apple dan berada di luar masa garansi selama 1 tahun. Garansi Apple tidak berlaku untuk kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan pengguna, seperti misalnya karena terjatuh.

Apple menyediakan garansi Apple Care+ seharga 199 dollar untuk iPhone X di Amerika Serikat yang memperpanjang masa garansi selama dua tahun dan bisa mengurangi biaya perbaikan. Selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Baca juga : Apple Genjot Produksi iPhone X, Kualitas Diturunkan?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X