Kompas.com - 30/10/2017, 10:46 WIB
Menkominfo Rudiantara membagikan 500 kartu e-money di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Senin (30/11/2017). KemenkominfoMenkominfo Rudiantara membagikan 500 kartu e-money di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Senin (30/11/2017).
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara membagikan 500 kartu e-money atau uang elektronik kepada para pegawai Kemenkominfo.

Pembagian kartu secara gratis ini merupakan bagian dari dukungan terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo dalam menggalakkan gerakan transaksi non-tunai.

Pembagian kartu e-money tersebut dilakukan oleh Rudiantara usai acara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diselenggarakan di Gedung Kemenkominfo, Senin (30/10/2017). Kartu tersebut, salah satunya bisa digunakan untuk membayar akses jalan tol.

“Kita ingin melakukan akselerasi cara baru membayar uang tol (menggunakan e-money). Ini karena Presiden memerintahkan untuk menggunakan uang elektronik membayar tol,” kata Rudiantara.

“Untuk mendukung itu, Kemkominfo membagikan kartu e-money kepada karyawan untuk bisa digunakan. Ini menunjukkan bahwa Kemkominfo mendukung kebijakan kementerian lain atau pemerintah dan tentunya Presiden,” jelasnya.

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Toll (BPJT) telah mengumumkan bahwa pada 31 Oktober 2017, seluruh gerbang tol akan menerapkan transaksi non-tunai. Dengan kata lain, pengguna mesti memiliki kartu e-money untuk bisa menggunakan jalan tol, tidak bisa lagi menggunakan uang tunai.

Perubahan menjadi sistem non-tunai itu diharapkan bakal bisa mengurai atau mengurangi kemacetan akibat antrean kendaraan masuk ke jalan tol.

"Pemerintah ingin memberikan layanan lebih baik, jadi cara membayarnya diubah menggunakn teknologi e-money," terang Rudiantara.

“Pasti akan terjadi peningkatan layanannya yang cepat. Antrean juga bisa dikurangi secara signifikan di pintu tol," imbuhnya.

Kartu e-money yang dibagikan oleh Menkominfo tersebut merupakan terbitan Bank Mandiri. Masing-masing kartu dikatakan telah memiliki saldo Rp 130.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.