Majalah dengan Tanda Tangan Steve Jobs Laku Rp 680 Juta

Kompas.com - 31/10/2017, 12:48 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Memorabilia Apple, berupa majalah Newsweek yang ditandatangani langsung oleh Steve Jobs, telah laku terjual. Rumah lelang RR Auction telah melepas majalah yang dirilis pada tahun 1988 itu kepada penawar tertinggi.

Majalah itu dilepas dengan harga 50.587 dollar AS atau sekitar Rp 680 juta. RR Auction membuka harga di angka 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 13,5 juta.

Awalnya, RR Auction memperkirakan majalah tersebut akan terjual dengan harga antara 10.000 hingga 15.000 dollar AS. Itu artinya, harga akhir penjualan yang didapat RR Auction meningkat tiga kali dari perkiraan awal.

RR Acution mengatakan ada 34 penawaran dari 18 penawar yang terkualifikasi.

Majalah ini "dititipkan" oleh Diane Williams. Ia mengaku mendapatkan majalah tersebut pada peresmian komputer NeXT di Cambridge bulan Oktober tahun 1988.

Baca juga : Baju Hangat Bekas Pakai Steve Jobs Diprediksi Bernilai Rp 39 Juta

Saat itu, Williams bekerja sebagai senior buyer di perusahaan Lotus Development Corp. Nama perusahaan tersebut kemudian berubah menjadi Lotus Software, sebelum akhirnya IBM "mematikan" layanan tersebut di 2013.

Williams menceritakan, mencoba mendekati dan meminta untuk menandatangani salinan majalah Newsweek yang menampilkan sosok Steve Jobs pada sampulnya.

Majalah Newsweek terbitan 1988 yang ditandatangani oleh Steve Jobs. RR Auction Majalah Newsweek terbitan 1988 yang ditandatangani oleh Steve Jobs.
Sayangnya, Steve Jobs menolak permintaan tersebut. Sehingga Williams merayunya kembali untuk menuliskan sesuatu dari hatinya.

Kemudian Steve Jobs tersenyum, meminta majalah tersebut lalu menuliskan 'I love manufacturing' (Saya suka bermanufaktur). Dia menggarisbawahi kata love lalu menambahkan tandatangannya di atas pesan tersebut.

"Kejadian tersebut masih terasa nyata hingga sekarang," begitu kenang Williams, sebagaimana KompasTekno lansir dari Apple Insider, Selasa (31/10/2017).

Baca juga : Kartu Nama Steve Jobs Laku Rp 130 Juta

Steve Jobs terkenal "pelit" untuk memberikan tanda tangan. Karena tanda tangan Jobs teramat langka, maka majalah bertandatangan Bapak Apple ini sangat patut untuk dikenang.

Rumah pelelangan RR Auction memang terkenal sering melelang sesuatu yang berhubungan dengan Steve Jobs.

Pada bulan Maret lalu RR Auction melelang poster berbonus tandatangan Steve Jobs yang diambil pada saat NeXTWorld Expo tahun 1992 seharga 19.600 dollar AS atau lebih dari Rp 260 juta. Mereka juga pernah melelang kontrak bertandatangan Steve Jobs tahun 1978 seharga 40.000 dollar AS yang setara dengan Rp 543 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.