Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Dirilis, iPhone 8 Banyak Dijual Pemilik

Kompas.com - 31/10/2017, 19:38 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - iPhone 8 dan iPhone 8 Plus baru dirilis enam pekan lalu pada September 2017, namun sejumlah pemiliknya sudah berminat melepas perangkat-perangkat tersebut untuk ditukar dengan iPhone X.

Setidaknya begitulah menurut pengamatan Decluttr.com, sebuah situs jual beli perangkat elektronik bekas yang beroperasi di Amerika Serikat dan Inggris.

Jumlah iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang dilego pemiliknya ke Decluttr lebih banyak dibandingkan model-model iPhone sebelumnya, sehingga mengagetkan pengelola situs yang bersangkutan.

“Kami pikir orang-orang hanya akan menjual iPhone 7 (untuk membeli iPhone X), tapi sepertinya para pemilik iPhone 8 tidak puas dengan perangkat itu,” ujar digital marketing manager Decluttr James Bell.

Baca juga : Biaya Reparasi iPhone X sampai Rp 7,5 Juta

“Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Kami belum pernah mendapati iPhone sebanyak itu coba dijual oleh pemilknya dalam waktu sebulan setelah rilis,” imbuh Bell, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (31/10/2017).

Dclutter mengatakan, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus menyumbang kontribusi 7 persen dari jumlah smartphone yang dibeli oleh situs tersebut bulan lalu. Kontribusi iPhone 7 dan iPhone 7 Plus di periode yang sama tahun lalu jauh lebih sedikit, yakni 1 persen.

Kenapa iPhone 8 dan iPhone 8 Plus lebih cepat dijual kembali oleh pemiliknya dalam waktu relatif singkat setelah dibeli? Bell mengatakan, penyebab utamanya tak lain merupakan iPhone X yang akan segera rilis ke pasaran pekan ini.

“Konsumen kami merasa iPhone 8 sangat mirip dengan iPhone 7. Mereka ingin merasakan teknologi face recognition (di iPhone X), apalagi iPhone X kemungkinan akan berjumlah terbatas,” terang Bell.

Decluttr sendiri menawarkan harga beli sebesar 430 dollar AS untuk iPhone 8 64 GB, sementara model 256 GB dihargai 450 dollar AS. Untuk iPhone 8 Plus, Decluttr mematok harga beli 525 dollar AS (64 GB) dan 600 dollar AS (256 GB). Semua harga berlaku untuk ponsel dalam kondisi baik dan normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com