Makna Tersembunyi di Balik Deretan "Kode" Film The Matrix

Kompas.com - 02/11/2017, 11:14 WIB
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Para penggemar film sci-fi The Matrix pasti sudah tidak asing dengan hujan "kode digital" bewarna hijau yang menjadi opening credit di setiap waralaba filmnya. Jika kode tersebut coba ditelusuri, apakah kira-kira isinya?

Apakah sebuah rumus persamaan yang luar biasa kompleks atau perhitungan kalkulus yang rumit, ataukah deretan angka yang hanya bisa dipecahkan dengan kriptografi?

Makna tersembunyi di baliknya ternyata tidak sedramatis itu. Sebab kode tersebut tak lain adalah resep untuk masakan Jepang, yakni sushi, yang di otak-atik sedemikian rupa agar seolah tampak seperti kode digital rahasia.

Baca juga : Kode Rahasia Pintu Kokpit Pesawat United Airlines Bocor di Internet

Dilansir KompasTekno dari Cnet pada Rabu (1/11/2017), desainer produksi yang menciptakan kode The Matrix, Simon Whiteley, menyadur karakter-karakter Jepang, yaitu kanji, katakana, dan juga hiragana di buku resep masakan Jepang milik istrinya yang merupakan orang Jepang. 

"Saya senang memberitahu semua orang jika kode The Matrix terbuat dari resep sushi. Tanpa kode itu, tidak akan ada Matrix," jelas Whiteley.

Baca juga : Setelah Error 404 Bakal Ada Kode 451, Apa Artinya?

Whiteley yang menekuni visual efek dan animasi memindai buku masakan Jepang milik sang istri, mengotak-atik huruf-huruf di dalamnya, kemudian menambah efek visual untuk membuat hujan kode digital bewarna hijau yang ikonik di The Matrix.

Film yang dibintangi Keanu Reeves tahun 1999 ini mengangkat tema Virtual Reality yang sedang digemari beberapa produsen teknologi dan dunia digital saat ini seperti Facebook, Sony, Google atau Samsung.

Di cerita film, kode hijau yang tampil sebagai opening credit The Matrix menunjukkan apa yang sedang terjadi di dalam dunia maya Matrix.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.