Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa "Gratis" Windows 10 Tak Lama Lagi

Kompas.com - 03/11/2017, 11:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

Sumber Slash Gear

KOMPAS.com - Tawaran upgrade gratis ke Windows 10 bagi para pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 sebenarnya sudah berakhir Juli tahun lalu, namun masih bisa dimanfaatkan hingga akhir 2017.

Ini karena Microsoft masih meninggalkan "celah" berupa opsi assistive tecnology atau teknologi bantuan seperti magnifier atau kaca pembesar dan screen narrator atau narator layar yang biasanya digunakan bagi pengguna Windows berkebutuhan khusus.

Cukup memberikan tanda centang pada kotak yang menyatakan bahwa "Yes, I use assistive technologies" tanpa ada pertanyaan lebih lanjut ataupun pemeriksaan lainnya, pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 masih bisa mendapat upgrade cuma-cuma ke Windows 10.

Baca juga : Upgrade Gratis Windows 10 Masih Bisa, Begini Caranya

Mekanisme upgrade dengan memanfaatkan "celah" ini sebenarnya tak dibuat secara sengaja oleh Microsoft, tapi toh dibiarkan saja oleh raksasa software tersebut. Mungkin Microsoft memang ingin membuat sebanyak mungkin pengguna Windows lawas beralih ke Windows 10.

Dalam sebuah pengumuman, Microsoft mengatakan bahwa upgrade gratis dengan memilih opsi assistive technology ini masih bisa dipakai hingga 31 Desember 2017.

Artinya, masih ada waktu 2 bulan untuk melakukan upgrade tanpa biaya ke Windows 10, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Jumat (3/11/2017).

Upgrade ke Windows 10 masih bisa dilakukan setelah 31 Desember 2017, namun tak lagi gratis. Tergantung versi Windows 10 yang dipilih, pengguna harus merogoh kocek sebesar 120 dollar AS hingga 200 dollar AS atau jika ditukar dalam kurs rupiah sebesar Rp 1,6 juta hingga Rp 2,7 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slash Gear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com