Kompas.com - 03/11/2017, 14:32 WIB
Samsung Galaxy J7 Plus Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comSamsung Galaxy J7 Plus
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Teknologi kamera smartphone saat ini memungkinkan pengguna untuk memotret objek dengan latar belakang bokeh atau buram. Meski demikian, diperlukan trik tertentu agar bokeh tersebut bisa benar-benar bagus.

Smartphone masa kini, seperti Samsung Galaxy J7+, memiliki kamera yang bisa menghasilkan efek bokeh. Namun efek tersebut merupakan hasil simulasi software, bukan efek yang muncul akibat kemampuan alami lensa dan sensor kamera.

Vlogger teknologi, Putu Reza yang juga telah mencoba efek bokeh di Samsung Galaxy J7+ dan merek lainnya, mengatakan bahwa bokeh yang dihasilkan oleh software itu hasilnya pasti berbeda dengan bokeh dari kamera DSLR.

"Bokeh di semua smartphone itu hasil dari emulasi software, jadi tidak bisa disamakan dengan DSLR asli. Pasti ada peluang untuk 'bocor' (bokeh jadi tidak sempurna atau cacat)," ujarnya saat bincang dalam Media Workshop Samsung Galaxy J7+ di Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Baca juga : Melihat Samsung Galaxy J7 Plus dari Berbagai Sisi

Reza juga mengungkap bahwa ada trik yang bisa dipakai pengguna untuk mengakali ketidaksempurnaan bokeh di kamera smartphone. Trik tersebut adalah soal pemilihan latar belakang.

"Jangan pilih background yang 'ramai' atau kompleks. Kalau background simple, hasilnya akan bagus. Soalnya sebagus apa pun, background yang kompleks membuat peluang 'bocor' semakin banyak," terang Putu Reza.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Misalnya background pola batik, maka pasti ada peluang besar untuk 'bocor'. Tapi kalo lebih simple, seperti tembok warna cokelat, kalo setting dan cahaya bagus, tidak akan bocor," imbuhnya.

Menurut Putu Reza, hal paling menarik selama mencoba dan bermain-main dengan efek bokeh milik kamera Samsung Galaxy J7+ adalah adanya fitur Live Focus. Pasalnya fitur ini membuat pengguna bisa mengatur tingkatan efek bokeh pada foto.

"Saya pernah coba di smartphone lain dari kelas yang sama (dengan Samsung Galaxy J7+), ada yang bokehnya tidak bisa diatur, lalu ada juga yang bokehnya bisa diatur tapi hasilnya buruk," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.