Posisi AS di Pasar Smartphone Dunia Tergeser

Kompas.com - 04/11/2017, 06:24 WIB
Ilustrasi GridIlustrasi
|
EditorReska K. Nistanto

 

KOMPAS.com-Posisi Amerika Serikat ( AS) sebagai pangsa pasar smartphone kedua di di dunia digeser oleh India. AS kini harus puas berada di posisi tiga pangsa pasar smartphone dunia.

Menurut data yang dikeluarkan oleh analis asal Singapura, Canalys, India mengirimkan 40 juta ponsel di kuartal ketiga tahun 2017 ini. Angka tersebut naik 23 persen dari tahun lalu. Inilah yang membuat AS terdepak dari urutan kedua.

Berdasarkan analisis Canalys, kenaikan penjualan ponsel di India disebabkan karena membaiknya jaringan telko di negara tersebut. Seperti KompasTekno kutip dari The Economist, Sabtu (4/11/2017), pemerintah India memang sedang meningkatkan kualitas jaringan komunikasinya.

Karena itu, akses 4G LTE dengan kualitas yang baik semakin mudah ditemukan masyarakat India. Hal ini kemudian mendorong pembelian perangkat mobile yang tinggi di negeri Bollywood.

Ditambah lagi perayaan Diwali pada Oktober 2017. Diwali oleh masyarakat India dilakukan untuk merayakan kemenangan atas kebaikan. Biasanya, masyarakat India mengenakan barang baru di hari Diwali. Inilah yang mendorong masyarakat India belanja lebih di periode tersebut.

Pasar ponsel India masih dikuasai oleh Samsung. Masih menurut Canalys, vendor ponsel Korea Selatan itu telah mengirimkan 9,4 juta unit ponsel ke India di kuartal III 2017. Posisi kedua disusul oleh Xiaomi dengan angka pengiriman yang menempel ketat Samsung, yakni 9,2 juta unit.  

India sendiri merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia. Di India, terdapat sekitar 300 juta pengguna smartphone.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X