Ini Dia Penyebab WhatsApp Sempat Tidak Berfungsi

Kompas.com - 06/11/2017, 07:54 WIB
Ilustrasi MashableIlustrasi
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com-Para pengguna WhatsApp di seluruh dunia sempat mengeluh karena aplikasi pesan ini mendadak tidak berfungsi hari Jumat (3/11/2017).

WhatsApp butuh waktu cukup lama untuk kembali berfungsi. Padahal, WhatsApp memiliki pengguna berjumlah miliaran yang setiap hari mengandalkan layanan tersebut untuk berkirim pesan.

Seorang juru bicara perusahaan membenarkan bahwa layanan WhatsApp memang sempat tumbang di seluruh dunia.

"Pengguna WhatsApp secara global mengalami kesulitan mengakses layanan selama sekitar satu jam. Masalah kini telah diatasi dan kami meminta maaf atas ketidaknyamanannya," ujar sang juru bicara.

Baca juga: Jumat Sore, WhatsApp Sempat Mati Sedunia

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari Techcrunch, Senin (6/11/2017) menyebutkan bahwa biang kerok di balik tumbangnya WhatsApp adalah bug di kode software, bukan problem di data center.

WhatApp saat ini memiliki jumlah pengguna lebih dari 1,2 miliar. Aplikasi ini juga menjadi sarana andalan dalam  berkomunikasi oleh pengguna di beberapa negara berkembang seperti India dan Indonesia.

Tidak berfungsinya aplikasi pesan gratis ini pertama kali diketahui lewat tagar #whatsappdown yang banyak di-tweet oleh pengguna asal India.

Kicauan ini lantas menjadi trending topic mengingat India merupakan negara dengan pengguna WhatsApp paling banyak, mencapai kisaran 200 juta.

WhatsApp bukan kali ini saja mendadak ngadat. Pada bulan Mei lalu, WhatsApp sempat tidak berfungsi di beberapa negara selama berjam-jam. 

Baca juga : Sudah Bisa di Indonesia, Begini Cara Hapus Pesan Salah Kamar di WhatsApp

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X